Pengaruh Keaktifan Santri dalam Mengikuti Program Muhadharah Terhadap Pembentukan Karakter Percaya Diri

Hera Wati, Ayi Sobarna, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. Muhadharah program at Al-basyariah Islamic Boarding School is carried out to fulfill the needs of the santri in the form of a forum to develop the potential of the santri and to cultivate the character of Confidence. One school that gives special attention to the formation of a confidence character through a program is Al-Basyariah. Muhadharah program is the form of lectures or public speaking which are expressions of thoughts in the form of words addressed to the people. The approach used in this study is a quantitative approach. The research method used in this research is expost facto which is correlational, namely looking for relationships between two variables X and Y that use simple statistical methods namely descriptive statistics to find frequencies for the percentage of answers respondents using correlation analysis obtained results, that: There is a strong relationship between the activity of santri in participating in Muhadharah program towards the formation of a character of confidence. Correlation coefficient values obtained with positive direction. Positive coefficient shows a positive relationship between two variables, meaning that if the activity rises then the character of confidence also goes up, if the character is confident, then the activity will also increase. Activeness influences the formation of character confidence significantly seen from the significance value. Significance value becomes a reference that data can be accounted for statistically, because the errors contained in the calculation of the data are very small.

Keywords: Activity, Muhadharah, Character, Confidence

Abstrak. Program muhadharah di Pondok Pesantren Al-basyariah diusung untuk memenuhi kebutuhan santri berupa wadah untuk mengembangkan potensi dan penanaman karakter Percaya diri. Salah satu sekolah yang memberikan perhatian khusus pada pembentukan karakter percaya diri melalui suatu program adalah Al-Basyariah. program Muhadharah adalah ceramah atau pidato yang merupakan pengungkapan pemikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto yang bersifat korelasional yaitu mencari hubungan antar dua variabel yaitu variavel X dan Y yang menggunakan metode statistika sederhana yaitu statistika deskriptif untuk mencari frekuensi atas presentase jawaban responden dengan menggunakan analisis korelasi didapatkan hasil bahwa: Ada hubungan yang kuat antara keaktifan santri dalam mengikuti program muhadharah terhadap pembentukan karakter percaya diri. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan dengan arah positif. Koefisien yang positif menunjukan hubungan yang positif antara dua variabel, artinya jika keaktifan naik maka karakter percaya diri juga ikut naik, apabila karakter percaya diri naik maka keaktifan pun ikut naik. Keaktifan mempengaruhi pembentukan karakter percaya diri secara signifikan dilihat dari nilai signifikansi. Nilai signifikansi menjadi acuan bahwa data dapat dipertanggungjawabkan secara statistik, sebab kesalahan yang terdapat dalam perhitungan data sangat kecil sekali.

 

Kata Kunci: Keaktifan, Muhadharah, Karakter, Percaya Diri


Keywords


Keaktifan, Muhadharah, Karakter, Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Alkaf, Idrus. (1997). Kamus Tiga bahasa Arab-Inggris-Indonesia. Surabaya: Karya Utama.

Arsjad Maidar, Mukti. (1988). Pembinaan Kemampuan Berbicara Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Amin, Munir. (2009). Ilmu Dakwah. Cet.1. Jakarta: Amzah.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak percaya Diri. Jakarta: Purwa Suara.

Khalik, Abdul. (2001). Sistem Dakwah Salafiyah. Cet.1. Jakarta: Gema Insani Press.

Latif, S. (1970). Teori dan Praktek Dakwah. Jakarta.

Lickona. (1992). Educating for Character. Newyork: Bantam Book.

Luxory, Yusuf. (2004). Percaya Diri. Jakarta: Khalifa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14613