Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Komik

Rizki Fauzi Aria, Aep Saepudin, Eko Surbiantoro

Abstract


Abstract. Quality education can be seen from the results of good student learning achievements. One of the causes of high student achievement is learning interest and it can be incrase with use learning media. But most of the available and easy-to-use learning media such slides, films or videos require supporting tools such as projectors to use them. Not all schools have supporting tools such as projectors, this also happens in MTs Al-Muhajirin. Therefore, in order to achieve good learning achievement, comic-based learning media is used as an alternative media. This study uses the classroom action research method (CAR), the instruments used are observation, interviews and documentation. The research was conducted in class VIII A MTs Al-Muhajirin Lembang with the subject of fiqh teachers and 36 students. The results of this study, (1) the comic-based learning media in this study are applied using the problem based learning (PBL) learning model, the learning steps are not so different from the PBL model in general but there are some adjustments (2) the use of comic-based learning media can improve student learning achievement, this can be seen from the increase in the average acquisition value of students who pretest to get 38.06 increased in the posttest to 91.68, an increase of 53.62.

 

Keywords: Comic, Learning Media, Fiqh

 

Abstrak. Pendidikan yang berkualitas dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa yang baik. Salah satu penyebab tingginya prestasi belajar siswa adalah minat belajar dan untuk meningkatkan minat belajar salah satu caranya adalah menggunakan media pembelajaran. Tetapi kebanyakan media pembelajaran yang tersedia dan mudah digunakan berupa slide, film atau vidio yang memerlukan alat pendukung seperti proyektor untuk menggunakannya. Tidak semua sekolah memeliki alat pendukung seperti proyektor, hal ini juga terjadi di MTs Al-Muhajirin. Oleh karena itu demi mencapai prestasi belajar yang baik, digunakanlah media pembelajaran berbasis komik sebagai media alternatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksankan di kelas VIII A MTs Al-Muhajirin Lembang dengan subjek guru fiqih dan 36 siswa. Hasil dari penelitian ini, (1) media pembelajaran berbasis komik dalam penelitian ini diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), langkah pembelajarannya tidak begitu berbeda dengan model PBL pada umumnya akan tetapi ada beberapa penyesuaian (2) penggunaan media pembelajaran berbasis komik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata perolehan nilai siswa yang pada pretest mendapatkan 38,06 meningkat pada postest menjadi 91,68, terjadi peningkatan sebesar 53,62.

 

Kata kunci : Komik, Media Pembelajaran, Fiqih

Keywords


Komik, Media Pembelajaran, Fiqih

Full Text:

PDF

References


Doni, Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

McCloud, Scott.(2001). Memahami Komik. Diterjemahkan oleh :Kinanti. Jakarta : KPG.

Musfiqon, H,M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Sudjana, N & Rivai A. (2011). Media Pengajaran, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Waluyanto, H.D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran, Jurnal Nirmana 7 (1) : 45-55.

Yamin, H Martinus. & Bansu I, Ansari. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14598