Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah Terbuka di Smp Terbuka Gading Regency Bandung
Abstract
Abstract. Schools have an important role in realizing national education goals. One of the steps taken by SMPT Gading Regency is to realize free school education that does not require students to pay for education, in the hope that students can get education without being hindered by costs. This research raises the formulation of the problem into the question, how is planning, implementation, evaluation, inhibiting factors and supporting factors for free school financing at SMPT Gading Regency Bandung? The purpose of this study was to determine the planning, implementation, evaluation, inhibiting factors and supporting factors for free school financing at SMPT Gading Regency Bandung. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. This research was conducted at SMPT Gading Regency Bandung. The research techniques used are observation, interviews, and documentation. The subject of this research was the headmaster and treasurer of Gading Regency Bandung. Based on the processing of data obtained from the results of the study, namely: (1) Free school education financing plans at Gading Regency Regency, involving Baiturrahman Foundation, Small Sun, and donors. The steps for free school education financing planning, namely at the beginning of the new school year, see what things need to be replaced, then submit to the small sun or to the treasurer. (2) The source of funding for education at SMPT Gading Regency Bandung comes from residents around Gading Regency housing and also from other organizations that work with the Small Sun, from foundations, and from donors. (3) Evaluations carried out at the end of each learning year. The reports made amounted to two reports and were given to the foundation and the small Sun. 4. Inhibiting factors when the funds needed are not always available. Factors supporting financing are the presence of regular donors.
Â
Keywords: education preparation, Open Schools
Â
Abstrak. Sekolah mempunyai peran penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Salah satu langkah yang ditempuh oleh SMPT Gading Regency adalah mewujudkan pendidikan sekolah gratis yang tidak mewajibkan kepada peserta didik untuk membayar biaya pendidikan, dengan harapan supaya para peserta didik bisa mendapatkan pendidikan tanpa terhalang oleh biaya. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah kedalam pertanyaan, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor penghambat dan faktor pendukung pembiayaan sekolah gratis di SMPT Gading Regency Bandung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor penghambat dan faktor pendukung pembiayaan sekolah gratis di SMPT Gading Regency Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPT Gading Regency Bandung. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan bendahara SMPT Gading Regency Bandung. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu : (1) Perencanaan pembiayaan pendidikan sekolah gratis di SMPT Gading Regency melibatkan Yayasan Baiturrahman, Matahari Kecil, dan donatur-donatur. Langkah-langkah perencanaan pembiayaan pendidikan sekolah gratis yaitu pada awal tahun ajaran baru di lihat hal-hal apa saja yang perlu untuk diganti, lalu mengajukan ke pihak matahari kecil atau kepada bendahara. (2) Sumber pembiayaan pendidikan di SMPT Gading Regency Bandung berasal dari warga disekitar perumahan Gading Regency dan juga berasal dari organisasi lain yang bekerja sama dengan Matahari Kecil, dari yayasan, dan dari donatur (3) Evaluasi yang dilakukan setiap akhir tahun pembelajaran. Laporan yang dibuat berjumlah dua laporan dan diberikan kepada pihak yayasan dan Matahari kecil. 4. Faktor penghambat ketika dana yang dibutuhkan tidak selalu tersedia. Faktor pendukung pembiayaan yaitu Adanya donatur tetap.
Â
Kata Kunci : Pengelolaan, Pembiayaan Pendidikan, Sekolah TerbukaKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi.(2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fattah Nanang(2003). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung : C.V Pustaka Bani Quraisy.
Mujamil. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Malang : Erlangga.
Mulyono. (2016). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solehun, M.T. (2008). Sekolah Gratis. Banyuasin: Rambang.
Sulistyorini.(2009). Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.
Yuliana, Ratna. (2015). “Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Gratis Pada Jenjang Sekolah Menengah Di Kabupaten Sukoharjoâ€, 4.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14530