PENGGUNAAN KONSEP FUNGSI CONVEX UNTUK MENENTUKAN SENSITIVITAS HARGA OBLIGASIPENGGUNAAN KONSEP FUNGSI CONVEX UNTUK MENENTUKAN SENSITIVITAS HARGA OBLIGASI

Zelmi Widyanuarta, Eti Kurniati, Icih Sukarsih

Abstract


Abstrak. Tingkat bunga dengan harga obligasi bergerak berlawanan arah. Artinya, sifat obligasi adalah bahwa harga obligasi berbanding terbalik dengan tingkat bunga. Semakin tinggi tingkat bunga, semakin kecil harga obligasi dan sebaliknya. Grafik hubungan tersebut dapat digambarkan sebagai fungsi convex. Tingkat bunga mempengaruhi terhadap harga obligasi. Tingkat bunga yang berlaku dipasar tidak dapat ditentukan dengan pasti karena tingkat bunga dipasar berfluktuasi dengan keadaan di pasar. Permasalahan yang dihadapi adalah seberapa sensitive harga obligasi berubah yang diakibatkan perubahan tingkat bunga. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menentukan sensitivitas harga obligasi karena perubahan tingkat bunga menggunakan deret Taylor sampai orde kedua. Hasil yang diperoleh ternyata untuk perubahan tingkat bunga berapapun dengan menggunakan convexity memberikan hasil yang lebih baik. Tetapi, untuk perubahan tingkat bunga yang kecil dapat menggunakan durasi saja.
Kata Kunci: Fungsi convex, harga obligasi, durasi, convexity.

Keywords


Fungsi convex, harga obligasi, durasi, convexity

References


Chapra, Steven C., & Canale, Raymond P. (2003). Numerical Methods Engineers : With Softwere and Programming Application. America : McGraw-Hill.

Zubir, Zalmi. (2012). Portofolio Obligasi. Depok: Salemba Empat.

http://www.bi.go.id/id/moneter/bi-rate/data/Default.aspx

http://www.ibpa.co.id/BondMarketData/BondMaster/IDRGovtBondsSukuks/tabid/79/language/en-US/Default.aspx




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.662

Flag Counter    Â