Penerapan Augmented Reality pada Media Promosi Berbasis Mobile

Indri Sari, Rita Wahyuni Arifin

Abstract


Abstract. Promotional activities generally use printed media such as brochures, books at a glance, posters, and others. With the rapid advancement of information technology, current promotional activities have been helped so that it can attract more attention and enthusiasm. One of the promotional activities at Al-Bahri School is by distributing brochures. These promotional activities still do not attract attention and do not provide an overview of the existing facilities and infrastructure on campus C at Al-Bahri School. Therefore, in this final project an application with Mobile-based Augmented Reality technology will be developed that can help promotional activities, especially for existing facilities and infrastructure. The design uses the Prototype method which has the following stages: (1). Analysis of user requirements; (2). Making a prototype; (3). Customizing the prototype with the user's wishes; (4). Creating a new system; (5). Perform system testing; (6). Adjusting to the wishes of the user; (7). Using the system. To support application design, software such as Unity 3D, Vuforia, Adobe Illustrator, Visual Studio and others are used. In developing this promotional media, it is hoped that it can attract the enthusiasm of the community, especially students, to SMK Al-Bahri, and can also help provide a clearer picture using 3-dimensional images.

Keywords: Augmented Reality, Promotion, Prototype, Unity 3D, Vuforia.

Abstrak. Kegiatan promosi umumnya menggunakan media cetak seperti brosur, buku selayang pandang, poster, dan lain-lain. Dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, kegiatan promosi saat ini telah banyak terbantu sehingga dapat menarik perhatian dan antusias lebih banyak. Pada SMK Al-Bahri kegiatan promosi salah satunya adalah dengan cara membagikan brosur. Kegiatan promosi tersebut masih kurang menarik perhatian dan kurang memberikan gambaran seperti apa sarana dan prasarana yang ada pada kampus C SMK Al- Bahri. Maka dari itu, pada tugas akhir ini akan dikembangkan sebuah aplikasi dengan teknologi Augmented Reality berbasis Mobile yang dapat membantu kegiatan promosi khususnya untuk sarana dan prasarana yang ada. Pada perancangannya digunakan metode Prototype yang memiliki tahapan: (1). Analisis kebutuhan user; (2). Membuat prototype; (3). Menyesuaikan prototype dengan keinginan user; (4). Membuat sistem baru; (5). Melakukan testing system; (6). Menyesuaikan dengan keinginan user; (7). Menggunakan sistem. Untuk mendukung perancangan aplikasi, maka digunakanlah perangkat lunak seperti Unity 3D, Vuforia, Adobe Illustrator, Visual Studio dan lainnya. Pada pengembangan media promosi ini diharapkan dapat menarik antusias masyarakat khususnya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. para pelajar terhadap SMK Al-Bahri, dan juga dapat membantu memberikan gambaran yang lebih jelas dengan menggunakan gambar 3 dimensi.

Kata Kunci: Augmented Reality, Promosi, Prototype, Unity 3D, Vuforia.


Keywords


Augmented Reality, Promosi, Prototype, Unity 3D, Vuforia.

Full Text:

PDF

References


Arifin, R. W. (2015) ‘Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif’, 2(2), pp. 117–126.

I. Binanto, Multimedia digital dasar teori + pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2010.

G. G. Maulana, “Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D Dan Vuforia,†J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 2, p. 13, 2017, doi: 10.22441/jtm.v6i2.1184.

R. C. Tijono, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Sarana Promosi Produk Sarana Sejahtera Wilson’s Of- fice Chairs Berbasis Android,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 4, p. 493, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.4.2015.493-502.

S. Asmiatun, N. Wakhidah, and A. Novita, Penerapan Teknologi Augmented Reality dan GPS Tracking untuk Deteksi Jalan Rusak. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Salim, J. Step by Step Internet Promotion. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

Shinta A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang. 164 p.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25734

Flag Counter    Â