Hubungan Promosi Penjualan dengan Perilaku Konsumen

Fiqih Al Farisi, Endri Listiani

Abstract


Abstract. Several coffee shops in Bandung held a unique and also interesting sales promotion, this promotion is “Morning Coffeeâ€. The purpose of this promotion is to increase sales of coffee shops that carry out this promotion. The purpose of this study was to determine the relationship between the sales promotion of "Morning Ngopi" and the consumer behavior of Bijikopling. The theory used in this research is price promotion theory by Roddy Mulin and is reduced to price segmentation with four aspects, namely time, location, condition, and version. This type of research is quantitative research, the method used is correlational quantitative method. Respondents in this study were Bijikopling consumers who bought the promotional product "Morning Ngopi". The sampling technique used is Accidentally Sampling. To measure the number of respondents studied, this study used the Slovin technique and obtained 83 consumers of Bijikopling. The results in this study there is a relationship between sales promotions "Morning Ngopi" with consumer purchasing decisions in Bijikopling.

Keywords: Sales promotion, Price Promotion, Segment Pricing, Consumer purchasing decisions, Pagi Ngopi

Abstrak. Beberapa kedai kopi di Kota Bandung mengadakan promosi penjualan yang unik dan juga menarik promosi ini adalah “Pagi Ngopiâ€. Tujuan dilakukannya promosi ini adalah untuk meningkatkan penjualan kedai kopi yang melakukan promosi ini dan juga membuat konsumen untuk melakuan pembalian ulang produk “Pagi Ngopiâ€. Dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan “Pagi Ngopi†dengan keputusan pembelian konsumen Bijikopling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori promosi harga oleh Roddy Mulin dan di turunkan menjadi segmentasi harga dengan empat aspek yaitu waktu, lokasi, kondisi, dan versi. Jenis penelitin ini adalah penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Responden yang menjadi penelitian ini adalah konsumen Bijikopling yang membeli produk promosi “Pagi Ngopiâ€. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidentally Sampling. Untuk mengukur banyaknya responden yang diteliti ini menggunakan teknik Slovin dan didapatkan sebanyak 83 konsumen Bijikopling. Hasil pada penelitian ini terdapat hubungan antara promosi penjualan “Pagi Ngopi†dengan keputusan pembelian konsumen di Bijikopling.

Kata Kunci: Promosi penjualan, Promosi Harga, Segmentasi Harga, Keputusan Pembelian Konsumen, Pagi Ngopi.


Keywords


Promosi penjualan, Promosi Harga, Segmentasi Harga, Keputusan Pembelian Konsumen, Pagi Ngopi.

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, Muhammad Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Firmansyah, Muhammad Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. Boston: Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. 12th ed. Jakarta: PT. Indeks.

Mullin, Roddy. 2010. “Sales Promotion: how to create, implement, and integrate campaigns that really work.5th ed. London. Kogan Page ltd.

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30274

Flag Counter   Â