Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam Perkembangan Perusahaan Startup Digital

Pandu Prakarsa Wirawan, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. The development of digital startup is quite rapid lately, this is directly proportional to the failure experienced. Many digital startups have to close their businesses before they succeed. To answer the challenge, there is a program called "Gerakan Nasional 1000 Startup digital", which aims to make Indonesia become the Digital Energy of Asia by 2020. This program provides a platform and facilitates young people's ideas to build a sustainable digital startup through mentoring programs. The purpose of this study was to investigate the activities of the 1000 Digital Startup National Movement campaign, why this program was needed by the Kandang.in digital Startup and the obstacles encountered in the development of the Startup company digital Kandang.in. The research method used is a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques used were interviews. The result of this research is "Gerakan Nasional 1000 Startup digital" program equips participants with a variety of knowledge, skills, and attitudes to build a digital startup through mentoring activities. The mentoring program begins from the Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp to Incubation stages. The provision of these basic materials is useful in building, running and developing digital startups Kandang.in. There are several obstacles in implementing provision programs which comes from within the company, that is the differences in perception and experience factors.

Keywords : Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Startup, Campaign

 

Abstrak. Pertumbuhan  Startup digital yang cukup pesat belakangan ini berbanding lurus dengan kegagalan yang dialaminya. Banyak sekali Startup digital yang harus menutup bisnisnya sebelum mencapai kesuksesan. Untuk menjawab tantangan tersebut, munculah sebuah program bernama “Gerakan Nasional 1000 Startup digital†yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia di tahun 2020. Program ini mewadahi dan memfasilitasi ide anak muda untuk membangun sebuah Startup digital yang berkelanjutan melalui program mentoring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan dari kampanye Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, mengapa program ini dibutuhkan oleh Startup digital Kandang.in dan hambatan yang dihadapi dalam perkembangan perusahaan Startup digita Kandang.in. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah program “Gerakan Nasional 1000 Startup digital†membekali peserta dengan berbagai macam materi dasar berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk membangun sebuah Startup digital melalui serangkaian kegiatan mentoring yang bertahap mulai dari tahapan Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp hingga Incubation. Pembekalan materi dasar tersebut berguna dalam membangun, menjalankan dan mengembangkan Startup digital Kandang.in. Hambatan yang dihadapi dalam menerapkan pembekalan dari program tersebut berasal dari internal perusahaan Startup digital Kandang.in yaitu perbedaan persepsi dan faktor pengalaman.

Kata Kunci : Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Startup Digital, Kampanye

Keywords


Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Startup Digital, Kampanye

Full Text:

PDF

References


Arjanti, R. A., & Mosal, R. L. (2012). STARTUP INDONESIA Inspirasi & Pelajaran dari Para Pendiri Startup serta Praktisi dalam Industri Digital. Jakarta: Kompas Gramedia.

Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Triwardhani, I. J., Chaerowati, D. L. (2019). Interpersonal Communication Among Parents and Children. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication Jilid 35(2), 277-292.

Perdani, M. D., Widyawan, & Santoso, P. I. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Startup di Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018, 340.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19635

Flag Counter   Â