Social Media Marketing sebagai Taktik Menarik Konsumen Bengkel Segmented

Redinur Muhamad Rizki, Endri Listiani

Abstract


Abstract. Vespucci Scooter is a modern Vespa workshop that promotes using social media. The social media used are Facebook and Instagram social media. Social media viewing that is more conceptual than other workshop social media accounts is interesting to study. The purpose of this research is to find out the reasons why social media were chosen as a promotional medium for Vespuci Scooter workshop, knowing how Vespuci Scooter steps in doing social media marketing, and knowing how creative strategies carried out by Vespucci Scooter in making posts on social media. In communicating a product to consumers, companies can do so through several promotional tools known as the promotion mix. According to Kotler and Keller (2016: 582-673) the understanding of each of the promotional tools is as follows 1. Advertising, 2. Sales Promotion, 3. Event and Experiencess, 4. Public Relationship and Publicity (Public Relations and Publicity), 5. Online and Social Media Marketing (Online and Social Media Marketing), 6. Mobile Marketing (Cellular Marketing), 7. Direct and Database Marketing (Data-Based Direct Marketing), 8. Personal Selling. In promoting Vespuci Scooter uses an online promotion mix and social media marketing where Vespuci Scooter uses Facebook social media that can be accessed using a computer, and using a mobile marketing promotion mix where Vespuci Scooter uses Instagram social media which is more practical to use using gadgets. The research method for this research is qualitative with a case study approach. Data collection techniques  in this study used interviews, observations, documentations, and literature studies. The informant in this study are two persons, namely the owner and admin of the Vespuci Scooter workshop and two supporting informants, namely customers from Vespuci Scooter, selected by the writer with certain criteria. The results of this study is the social media that selected for promotion are facebook and instagram and the selected main media is instagram. The second selection of social media is considered by several things, including segmentation and target, see the advantages and disadvantages of social media to be chosen, and the last to choose the main social media as a promotional medium. The main social media used is Instagram social media. In carrying out social media marketing Vespuci Scooter takes the first few steps in planning, designing, and uploading content. The first creative strategy is to create a logo, choose a message to be posted and apply a marketing mix in content creation.

Keywords: Vespuci Scooter, Social Media Marketing, Social Media, Promotion Media, Mobile Marketing.

Abstrak. Vespuci Scooter merupakan bengkel Vespa modern yang melakukan promosi menggunakan media sosial. Media sosial yang digunakan adalah media sosial Facebook dan Instagram. Penapilan media sosial yang lebih terkonsep dibandingkan akun media sosial bengkel lain menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mengapa media sosial dipilih sebagai media promosi bengkel Vespuci Scooter, mengetahui bagaimana langkah-langkah Vespuci Scooter dalam melakukan social media marketing, dan mengetahui bagaimana strategi kreatif yang dilakukan oleh Vespuci Scooter dalam membuat postingan di media sosial. Dalam mengkomunikasikan suatu produknya ke konsumen, perusahaan dapat melakukannya melalui beberapa alat promosi yang dikenal dengan bauran promosi. Menurut Kotler dan Keller (2016:582-673) pengertian masing-masing alat promosi sebagai berikut 1. Advertising (Periklanan), 2. Sales Promotion (Promosi Penjualan), 3. Event and Experiencess (Acara dan Pengalaman), 4. Public Relationship and Publicity (Hubungan Masyarakat dan Publisitas), 5. Online and Social Media Marketing (Pemasaran Media Online dan Sosial), 6. Mobile Marketing (Pemasaran Seluler), 7. Direct and Database Marketing (Pemasaran Langsung Berbasis Data), 8. Personal Selling. Dalam melakukan promosi Vespuci Scooter menggunakan bauran promosi online and social media marketing yang dimana Vespuci Scooter menggunakan media sosia Facebook yang bisa diakses menggunakan komputer, dan menggunakan bauran promosi mobile marketing dimana Vespuci Scooter menggunakan media sosial instagram yang lebih praktis digunakan menggunakan gadget. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meggunakan wawancara, observasi, dokumntasi, dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini untuk key informant berjumlah dua orang yaitu adalah pemilik dan admin dari bengkel Vespuci Scooter serta dua orang informan pendukung yaitu pelanggan dari Vespuci Scooter yang dipilih penulis dengan kriteria tertentu. Penelitian ini mnghasilkan media sosial yang dipilih sebagai media promosi adalah media sosial Facebook dan Instragram. Media sosial utama yang dipilih adalah media sosial Instagram. Pemilihan kedua media sosial ini dipertimbangkan oleh beberapa hal antara lain segmentasi dan target, melihat kelebihan dan kekurangan dari media sosial yang akan dipilih, dan yang terakhir memilih media sosial utama sebagai media promosi. Media sosial utama yang digunakan adalah media sosial Instagram. Dalam melakukan social media marketing Vespuci Scooter melakukan beberapa langkah yang pertama melakukan perencanaan, membuat desain, dan melakukan proses upload dari konten. Strategi kreatif yang dilakukan pertama kali adalah membuat logo, memilih pesan yang akan diposting dan menerapkan marketing mix dalam pembuatan konten.

Kata Kunci: Vespuci Scooter, Social Media Marketing, Media Sosial, Media Promosi, Mobile Marketing.


Keywords


Vespuci Scooter, Social Media Marketing, Media Sosial, Media Promosi, Mobile Marketing.

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers

Yulianita, Neni, Nurrahmawati dan Tresna Wiwitan. 2017. Pemahaman Dosen Universitas Islam Bandung Tentang Makna Hoax Di Media Sosial Whatsapp. Jurnal Online (Di akses pada tanggal 7 Oktober 2019)

Ratnasari, Anne, et.all. 2013. Mankom Suatu Telaah Awal. Mankom Unisba




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19463

Flag Counter   Â