Interaksi Sosial dalam Virtual Community

Rifaldy Leonard

Abstract


Abstract. This study aims to describe the motives, actions, and meanings of Discord social media in the Tech Enthusiast community of the Mitra Flexing & Konsultasi channel community. This research uses fenomenology qualitative research design. The research data were in the form of observations, literature studies and interviews with several key informants, namely the Admin channel of Mitra Flexing & Konsultasi  . The result is that Discord social media is used as a means of exchanging information about gadgets and peripherals related to computer equipment, a place to review, share and consult to get recommendations for items to be purchased, features that are on Discord facilitate the process of communication and consultation, to add familiarity between members of the Flexing & Consulting Partner. All members in the channel can interact directly with other members and reciprocate, for this type of network is a star network. Frequently discussed topics are information about computer peripherals and other tech related to computers, specific information and something that is becoming a trend among tech enthusiasts. Based on the results of the study obtained the following results: First there are motives that consist of because of motive and in order to motive. Second, there is a process of associative and dissociative social interaction actions like the community in the real world. And there is meaning experienced by tech enthusiasts.

Keywords: Social Interaction, phenomenology, Virtual Community, Social Media, Discord

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif, tindakan, dan makna media sosial Discord pada komunitas Tech Enthusiast di channel “Mitra Flexing & Konsultasiâ€, dan topik bahasan komunkasi kelompok anggota grup channel Mitra Flexing & Konsultasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian fenomenologi kualitatif. Data penelitian berupa hasil observasi, studi pustaka dan hasil wawancara dengan beberapa informan kunci yaitu admin dan anggota aktif channel Mitra Flexing & Konsultasi. Hasilnya adalah media sosial Discord dimanfaatkan sebagai sarana bertukar informasi mengenai gadget maupun peripheral yang berkaitan dengan alat komputer, tempat untuk mereview, sharing dan berkonsultasi untuk mendapatkan rekomendasi barang yang akan dibeli, fitur-fitur yang berada di Discord mempermudah proses komunikasi maupun konsultasi, hingga menambah keakraban antar anggota Mitra Flexing & Konsultasi. Semua anggota di channel dapat berinteraksi langsung dengan anggota yang lain dan melakukan timbal balik, untuk itu jenis dari jaringan ini adalah jaringan bintang. Topik yang sering dibahas adalah informasi seputar peripheral komputer dan tech lainnya yang berkaitan dengan komputer, informasi yang sifatnya spesifik dan sesuatu yang sedang menjadi trend di kalangan tech enthusiast. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama terdapat motif yang tediri dari because of motive dan in order to motive. Kedua terdapat proses tindakan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif selayaknya komunitas di dunia nyata. Dan terdapat makna yang dialami oleh para tech enthusiast.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Fenomenologi, Komunitas Virtual, Media Sosial, Discord.

 


Keywords


Interaksi Sosial, Fenomenologi, Komunitas Virtual, Media Sosial, Discord.

Full Text:

PDF

References


Biagi, Shirley. 2010. Media/ Impact: An Introduction to Mass Media, 9th Ed. Penerjemah Mochammad Irfan dan Wulung Wira Mahendra. Media/ Impact: Pengantar Media Massa, Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

I Made Wirartha. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kertajaya, Hermawan. 2008. Arti Komunitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo : Zifatama Publisher.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nadhya Abrar. 2002. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suparmo, Ludwig. 2011. Aspek Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Raco J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wirawan, I.B, 2013. Teori-teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19417

Flag Counter   Â