Hubungan antara Daya Tarik Akulaku dengan Minat Menggunakan Jasa Aplikasi

Sandhika Barokah Alam, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. In the digital era like now, the development of the business world that has now turned into e-commerce that is internet based. E-Commerce is often also referred to as software, a program whose instruction content can be changed easily. In research applications are included in the development media because the application is used to advance the needs of individuals to produce commercial. Akulaku is a buying and selling application that can make loans and is online which was built by William Li Indonesia in mid 2016. The interest in the use of services is a basic driving factor in decision making using applications for a product to be bought, interest is formed from attitudes consumers of a product it comes from consumer confidence. A consumer's buying interest in online shopping depends on the direct effect of the features provided by online shopping, this feature is a functional perception of ease of use of the site and consumer emotional perception of shopping pleasure. Therefore this study connects the attractiveness and interest, especially in the use of application services. In research using quantitative research methods with a correlational approach. And the results of this study have a fairly strong relationship between attractiveness and interest in using the application services of Akulaku.

Keywords : E-Commerce, Akulaku, Attractiveness, Interest


Abstrak. Di era digital seperti sekarang ini, perkembangan dunia bisnis yang sekarang sudah beralih menjadi e-commerce yang berbasis internet. E-Commerce sering juga disebut sebagai perangkat lunak, merupakan program yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Dalam penelitian aplikasi ini termasuk pada media pengembangan karena aplikasi digunakan untuk memajukan kebutuhan individu untuk menghasilkan komersil. Akulaku adalah suatu aplikasi jual dan beli yang bisa melakukan pinjaman dan online yang hadir yang di bangun oleh William Li Indonesia pada pertengahan tahun 2016. Minat penggunaan jasa merupakan faktor dasar pendorong dalam pengambilaan keputusan menggunakan aplikasi terhadap suatu produk yang akan dibelinya, minat terbentuk dari sikap konsumen terhadap suatu produk hal tersebut berasal dari keyakinan konsumen. Minat beli seorang konsumen terhadap belanja online bergantung pada efek langsung dari fitur yang diberikan oleh belanja online, fitur ini berupa persepsi fungsional yaitu kemudahan penggunaan situs dan persepsi emosional konsumen yaitu kenikmatan berbelanja. Oleh karena itu penelitian ini menghubungkan antara daya tarik dan minat khususnya dalam penggunakan jasa aplikasi. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dan hasil dari penelitian ini yaitu memiliki hubungan yang cukup kuat antara daya tarik dan minat menggunakan jasa aplikasi dari Akulaku..

Kata Kunci:

Abstract. In the digital era like now, the development of the business world that has now turned into e-commerce that is internet based. E-Commerce is often also referred to as software, a program whose instruction content can be changed easily. In research applications are included in the development media because the application is used to advance the needs of individuals to produce commercial. Akulaku is a buying and selling application that can make loans and is online which was built by William Li Indonesia in mid 2016. The interest in the use of services is a basic driving factor in decision making using applications for a product to be bought, interest is formed from attitudes consumers of a product it comes from consumer confidence. A consumer's buying interest in online shopping depends on the direct effect of the features provided by online shopping, this feature is a functional perception of ease of use of the site and consumer emotional perception of shopping pleasure. Therefore this study connects the attractiveness and interest, especially in the use of application services. In research using quantitative research methods with a correlational approach. And the results of this study have a fairly strong relationship between attractiveness and interest in using the application services of Akulaku.

Keywords : E-Commerce, Akulaku, Attractiveness, Interest


Abstrak. Di era digital seperti sekarang ini, perkembangan dunia bisnis yang sekarang sudah beralih menjadi e-commerce yang berbasis internet. E-Commerce sering juga disebut sebagai perangkat lunak, merupakan program yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Dalam penelitian aplikasi ini termasuk pada media pengembangan karena aplikasi digunakan untuk memajukan kebutuhan individu untuk menghasilkan komersil. Akulaku adalah suatu aplikasi jual dan beli yang bisa melakukan pinjaman dan online yang hadir yang di bangun oleh William Li Indonesia pada pertengahan tahun 2016. Minat penggunaan jasa merupakan faktor dasar pendorong dalam pengambilaan keputusan menggunakan aplikasi terhadap suatu produk yang akan dibelinya, minat terbentuk dari sikap konsumen terhadap suatu produk hal tersebut berasal dari keyakinan konsumen. Minat beli seorang konsumen terhadap belanja online bergantung pada efek langsung dari fitur yang diberikan oleh belanja online, fitur ini berupa persepsi fungsional yaitu kemudahan penggunaan situs dan persepsi emosional konsumen yaitu kenikmatan berbelanja. Oleh karena itu penelitian ini menghubungkan antara daya tarik dan minat khususnya dalam penggunakan jasa aplikasi. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dan hasil dari penelitian ini yaitu memiliki hubungan yang cukup kuat antara daya tarik dan minat menggunakan jasa aplikasi dari Akulaku.

Kata Kunci: E-Commerce, Akulaku Daya Tarik, Minat.


Keywords


E-Commerce, Akulaku Daya Tarik, Minat

Full Text:

PDF

References


Book :

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Prof. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Yusuf, Muri A. 2014. Metodologi Kuantitatif, Kualitatif Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Journal :

Triwardhani, IJ. Trigartanti, Wulan. 2018. Supportive Communication" in Developing Housewife’s Entrepreneurial of Home-Based

Industry. Dalam Jurnal Mimbar. Juni 2018 (61-71).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19343

Flag Counter   Â