Hubungan Tayangan Youtube Yufid.TV dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Netizen Tentang Islam

Dody Rizki Prabowo, O. Hasbiansyah

Abstract


Abstract. The development of technology is something that cannot be avoided in this world, it will continue to grow and produce new platforms from various media. Moreover, social media has become the platforms of the distribution of the information. Youtube is the one of the most popular media by now. Yufid.TV is one of channel youtube that give information about content islam. The purpose of this study is to analyze the relation of Youtube Yufid.TV as media which consist of media exposure with the fulfillment of islam knowledge. This research used quantutative research method  with correlasional approach that uses and gratification theory. This theory explains that audiences have the power to decide which media will be chosen or used to satisfy their needs. The need that being said is the need for information. Audience have an active role in interpreting and integrating media into their lives. Based on the results of the research it is known that there is a relationship between the media exposure of impressions youtube Yufid.TV fulfillment network with netizen information.

Keywords: Youtube, Needs of information, Uses and Gratification theory, Islam

Abstrak. Perkembangan new media adalah suatu hal yang tidak dapat dielakan, hal ini terus berkembang dan menghasilkan platform-platform baru untuk berbagai hal. Kemudian, media sosial sudah menjadi alat untuk penyebaran informasi. Youtube adalah salah satu platfrom media yang paling populer saat ini. Yufid.TV merupakan salah satu channel youtube yang berisikan konten seputar pengetahuan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tayangan youtube Yufid.TV dengan pemenuhan kebutuhan informasi netizen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan korelasional yang menggunakan teori Uses and Gratification (Teori Penggunaan dan Kepuasan). Teori ini menjelaskan bahwa khalayak memiliki kekuasan untuk memutuskan media mana yang akan dipilih atau digunakan untuk memenuhi kebutuhannya kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan informasi. Khalayak memiliki peran aktif dalam melakukan interprestasi dan mengintegrasikan media ke dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara terpaan media tayangan youtube Yufid.TV dengan pemenuhan kebutuhan inforamasi netizen.

Kata Kunci: Youtube, Pemenuhan Kebutuhan informasi, Teori Uses and Gratification, Islam


Keywords


Youtube, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratification, Islam

Full Text:

PDF

References


Lasa HS. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Aditya Bakti

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Rakhmat, Jalaluddin. 2016. Metode penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17114

Flag Counter   Â