Analisis Prediksi Kebangrkutan Sebelum dan Sesudah Maraknya Penjualan Online pada Perusahaan Sektor Industri Retail

Raenaldhy Srimorinto, Azib Azib

Abstract


Abstract. Every company that is in large scale has the potential for bankruptcy. Potential bankruptcy of a company can be seen and measured by analyzing financial ratios. Bankruptcy analysis Altman Z-Score  analysis often used for Bankruptcy analysis. Bankruptcy analysis is conducted to predict a condition of a company. This study aims to find out Bankruptcy Prediction Before and After Online Sales in retail industry sector period 2013-2016 in Indonesia Stock Exchange using Altman Z-Score method. The population in this study are 22 retail companies listed on the Indonesia Stock Exchange, with a sample of 15 companies that have the largest sales. Potential bankruptcy is measured by analyzing the company's financial statements through Altman Z-Score Analysis and using Wilconxon Test. The Results of processed data with the method shows no significant Z-Score difference before and after the rise of online sales.

Keyword: Bankruptcy, altman Z-Score, retail.


Abstrak. Setiap perusahaan yang berada pada tahap dewasa memiliki potensi kebangkrutan. Potensi kebangkrutan suatu perusahaan dapat dilihat dan diukur dengan cara menganalisis rasio keuangan. Analisis kebangkrutan yang sering digunakan adalah analisis Altman Z-Score. Analisis kebangkrutan tersebut dilakukan untuk memprediksi suatu perusahaan sebagai pertimbangan akan suatu kondisi suatu perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pediksi Kebangkrutan Sebelum dan Setelah Penjualan Online pada Perusahaan sektor industri retail periode 2013-2016 di Bursa Efek Indonesia menggunakan metode Altman Z-Score. Populasi dalam penelitian ini yaitu 22 perusahaan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan sample 15 perusahaan yang memiliki penjualan terbesar. Potensi kebangkrutan di ukur dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan lewat Analisis Altman Z-Score dan menggunakan Uji Wilconxon. Hasil diolah data dengan metode tersebut adalah tidak ada perbedaan Z-Score yang signifikan sebelum dan sesudah maraknya penjualan online.

Kata kunci : kebangkrutan, altman z-score, retail.


Keywords


kebangkrutan, altman z-score, retail

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi. Rineka Cipta. Yogyakarta.

Arsyad, 2000. Media pengajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung.

Kamaludin. 2011. Manajemen Keuangan, Konsep Dasar dan Penerapannya. Maju Mundur. Bandung.

Toto, Prihadi. 2011. Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi, PPM. Jakarta.

Utami, Christina Widya. 2006. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern, Salemba Empat. Jakarta.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Keempat. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9898

Flag Counter