Analisis Pengendalian Kualitas Pelayanan dengan Metode Statistical Quality Control (Studi Kasus pada Purwakarta Motor Bandung Indonesia)

Muhammad Agil Dahya Baihaki, Nining Koesdiningsih

Abstract


Abstract. In a business service quality is the most important factor For that companies need to implement activities or distribution services value services that will be provided to consumers must be very well seen from various aspects related to the distribution of that value. The purpose of this study do that is to know what to do in improving the quality of care in services over size motor at Purwakarta Motor workshop. From the analysis of existing data, Purwakarta Motor workshop using statistical analysis of quality control (SQC) that uses software POM-QM which provide data on how many errors occur and improvements to the error. Based on Statistical analysis tool Quality Control (SQC) is assisted by computerized statistical tool that POM-QM obtained in the analysis of C-Chat 1 sigma confidence level (68.27%) that in fact there is an error and still must perform the repair process. And the C-Chat 2 sigma confidence level (95.45%) and still no errors and still have to do process improvement services. And the C-Chat 3 sigma confidence level (99.73%) stated that there are no mistakes and no one should be improved in the process of these services. However, based on fish bone diagram, a total sum ther are errors that occur in the human, management, machinery and equipment, methods and environments to improve service quality.

Key words: Quality, Service.

 

Abstrak. Dalam sebuah bisnis kualitas pelayanan adalah factor terpenting. Untuk itu perusahaan perlu menerapkan Kegiatan pelayanan jasa atau penyaluaran nilai pelayanan jasa yang akan diberikan kepada konsumen haruslah sangat baik yang dilihat dari berbagai aspek yang berhunbungan dengan penyaluran nilai tersebut.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada jasa over size motor pada bengkel Purwakarta Motor. Dari hasil analisa data yang ada, bengkel Purwakarta Motor menggunakan analisis statistical quality control (SQC) yang menggunakan software POM-QM yang memberikan data berapa banyak kesalahan yang terjadi dan perbaikan terhadap kesalahan tersebut. Berdasarkan alat analisis statistical quality control ( SQC) yang dibantu oleh alat komputerisasi statistic yaitu POM-QM diperoleh dalam analisis C-Chat 1 Sigma dengan tinggkat kepercayaan (68,27%) bahwa teryata terdapat kesalahaan dan masih harus melakukan proses perbaikan. Dan pada C-Chat 2 Sigma dengan tingkat kepercayaan (95,45%) dan masih tetap ada kesalahan dan masih harus dilakukan perbaikan proses pelayanan jasa. Dan pada C-Chart3 Sigma pada tinggkat kepercayaan (99,73%) menyatakan bahwa tidak ada kesalahan dan tidak ada yang harus diperbaiki pada bagian proses pelayanan jasa tersebut. Namun berdasarkan fishbonddiagram,secara keseluruhan masih terdapat kesalahan yang terjadi pada bagian manusia, manajemen, mesin dan peralatan, metode dan lingkungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Kata Kunci: Kualitas, pelayanan, jasa.


Keywords


Kualitas, pelayanan, jasa

Full Text:

PDF

References


Kotler dan Keller.2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : PT.Indeks.

Sumayang, Lalu. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Herjanto, Eddy. 2007. Manajemen Operasi. Jakarta : Grasindo.

Russel, Roberta S dan Taylor. 2009. Operation Manajemen Edisi 6, Wiley.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2006. Manajemen Operasi Ed7. Jakarta : Salemba Empat.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Press.

MN. Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta : Ghalia Indonesia.

Chase, Richard B., Nicholas J. Aquilano, F. Robert Jacobs. 2001. Operations Management For Competitive Advantage, 9 th edition. New York : Mc Graw – Hill Companies, Inc.

Stevenson,w.j. 2005. Operations Management, edisi kedelapan. Mc Graw hill

Tjiptono Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta. Andi.

Moenir, 2002. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta

Buchari Alma, 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabet.

www.scribd.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9772

Flag Counter   Â