Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Joei Hotplate Bandung

Dimas Puja Pramana, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. This research aims to know the implementation of marketing communications at Restaurant Joei Hotplates, how the responses of respondents about the implementation of marketing communications at Restaurant Joei Hotplates, how purchasing decisions at Restaurant Joei Hotplates and how it influences marketing communications on purchasing decisions. The research method used was survey methods. The type of research that is carried out are verifikative and descriptive. The technique of sampling the sampling technique used was incidental. The population in this research is the home consumer packed Joei Hotplates. Samples taken is the home consumer packed Joei Hotplates with a total of 100 respondents. Data collection techniques used are questionnaire. Methods of data analysis used is a simple Linear regression analysis to find out the direction of the relationship between the dependent variable independent variable. The results of this study demonstrate the influence of the marketing communication on the purchasing decisions at Restaurant Joei Hotplates with correlation coefficient value of 0.599 (R = 0.599), and the determinant of the coefficient (R-Square/R2) of 35.9%. This means that there are influences between the marketing communication on the purchasing decision.

Keywords: Marketing Communications, Purchasing Decisions.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Komunikasi Pemasaran pada Rumah makan Joei Hotplate, bagaimana tanggapan responden tentang pelaksanaan Komunikasi Pemasaran di Rumah makan Joei Hotplate, bagaimana Keputusan Pembelian di Rumah makan Joei Hotplate dan bagaimana pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif dan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rumah makan Joei Hotplate. Sampel yang diambil adalah konsumen Rumah makan Joei Hotplate dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap keputusan pembelian di rumah makan Joei Hotplate dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,599 (R = 0,599), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 35,9 %. Artinya terdapat pengaruh antara Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Yustina, Ira,. Ardial. 2008 . Sumatra Utara. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Asuransi Bumi Asih Jaya Meda.

Fathoni, Fathir., Achmad Fauzi DH, Kadarisman Hidayat. 2012 . Malang. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek.

Pratiwi, Made Pradnya., I Wayan Suwendra, Ni Nyoman Yulianthini. 2015 . Bali . Pengaruh Strategi Komunikasi PemasaranTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda.

Sisviangga, Andrian Dwi,. M. Edwar. 2008 . Surabaya . Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry.

Ekasari, Novita. 2014 . Jambi . Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finance Jambi.

Okyere , Nana Yaa Dufie. 2011 . Ghana . The Effect of Marketing Communications on the Sales Performance of Ghana Telecom.

Abubakar , Hadiza Saidu . 2014 . Kaduna. Impact of Marketing Communication on Financial Performance of Banks: A Study of First Bank of Nigeria PLC.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2012 . Marketing Management. 14th Edition. New Jersey : Person Education.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2009 . Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Engel, et all. 2000. Perilaku Konsumen. Edisi keenam. Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong Terjemahan Afif. 2002. Manajemen Pemasaran Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P. dan Armstrong. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Indeks. Jakarta.

Kurniawati, Dewi. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsume. Pustaka Belajar. Yogyakarta

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Cetakan kesembilan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.

Cannon, Joseph P, William D.Perreault, Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar. Edisi 16. PT Gramedia Pustaka. Jakarta

Aprilia , Sartika Fani. 2016. Pengaruh komunikasi Pemasaran Terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Vxion. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Putra Eddi Brahma Densa, Dr. Ida N. Relawan. 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian CD JKT 48 Di Bandung. Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9343

Flag Counter