Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Minat Beli (Survey Pelanggan Pada Toko Pakaian Hijab Kembar Shop Bandung)

Shelma Destania Putri, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. This research is aimed to find out how the social media marketing at Kembar Shop Bandung, to know the responses of respondents about the social media marketing at Kembar Shop Bandung, to know the response of respondents about the purchase intention at Kembar Shop Bandung, and to find the great influence social media marketing against the intention of purchasing. This research was conducted at Kembar Shop Bandung with case study method and using simple regression analysis processed using SPSS. Subjects in this study were 100 respondents, with research methods and techniques of sampling non probability accidential sampling. The data analysis used is simple regression analysis ready for. The results of this study indicate the influence of the social media marketing on purchase intention with p = 0,000, the score of 0.563 (R = 0.563) and the determinants (R2) 31.7% which means affect the social media marketing on the intention of purchase.

Keywords: social media marketing, purchase intention.


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran media sosial di Kembar Shop Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang pemasaran media sosial di Kembar Shop Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang minat beli di Kembar Shop Bandung, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh pemasaran media sosial  terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan pada Kembar Shop Bandung dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pemasaran media soisal terhadap minat beli dengan nilai p=0,000, koefisien korelasi sebesar 0,563 (R=0,563) dan koefisien determinasi sebesar (R2) 31,7% yang berarti terdapat pengaruh pemasaran media sosial terhadap minat beli.

Kata kunci: pemasaran media sosial, minat beli.


Keywords


pemasaran media sosial, minat beli

Full Text:

PDF

References


Aghdam, P., Saeidi, S. S., & Marjani, A. B. 2015. Investigating The Effect of Service Marketing Mix on Increasing the Sales. Journal of Current Research in Science, 47-52.

Albari. 2002. Mengenal Perilaku Konsumen Melalui Penelitian Motivasi. Jurnal Siasat Bisnis, 65-79I.

Alharbie, A. 2015. Business Growth Thru Social Media Marketing. International Journal of Innovation and Applied Studies, 13, 873-880.

Andi Supangat. 2006. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Pustaka.

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru.

Bandung: Rosda.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

(Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, H. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action 6th Edition. New York: International Thomson Publishing.

Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 2 Jakarta: Erlangga.David,

Downey. 2002. Manajemen Agribisnis. Buku ke 4. Jakarta: Erlangga

Gurnelius, S. 2011. 30-minute Social Media Marketing. USA: McGraw Hill Co.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps.

Husen, Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis

edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Kabani, S. H. 2010. The Zen of Social Media Marketing: An Easier Way to Build Credibility, Generate Buzz, and Increase Revenue. United States of America: BenBella Books, Inc.

Kameshwari, A. V., & Nittala, R. 2013. Quantitive Modeling of Internal Marketing and Interactive Marketing. Journal of Supply Chain Management Systems, 42-55.

Karimi, S., & Sadat, H. N. 2015. Social Media Marketing (SMM) Strategies for Small to Medium Enterprises (SMES). International Journal of Information Business and Management, 7, 86-98.

Keller, Kein Lane. 1998. Strategic Brands Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Khan, M. F., & Jan, D. A. 2015. Social Media and Social Media Marketing: A Literature Review. Journal of Business Management, 17, 12-15.

Kim, A. J., & Ko, E. 2012. Impacts of Luxury Fashion Brands Social Media Marketing on Customer Relationship and Purchase Intention. Journal of Global Fashion Marketing, 164-171.

Kiim, A. J., & Ko, E. 2011. Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashiond Brand. Journal of Business Research.

Kiplang’at, J. 1999. An Analysis of Opportunities for Information Technology in Improving Acces. Library Management, 115-127.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo

Kotler P. dan Armstrong, G. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ke 11. Jakarta: Indeks.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Alih bahasa Bob Sabran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Marketing Management 14th edition.

New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketing Management. United States of America: Pearson.

Maoyan et al. 2014. Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science. Vol. 5 No.10 (1), p. 92-9

Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Safko, L., & Brake, D. K. 2009. The Socia Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Succes. Canada: Johny Wiley and Sons.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Thamrin, Denada, dan Sylvia. 2003. Studi Mengenai Proses Adopsi Konsumen Pasca Masa Tayang Iklan Produk Xon-ce di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2(2): 141-154

Website:

http://kominfo.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9109

Flag Counter