Analisis Kualitas Pelayanan Hotel Jayakarta Bandung dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd)

Cendana Oktaviani

Abstract


Abstract. Currently, the hotel is not only used as a place to stay or rest, and now often used as a place to break the fast together, gathered with friends and family for hotels that have a restaurant or cafe, even for a wedding reception. This research was conducted to know how the quality of service by using method of Quality Function Deployment (QFD) at Hotel Jayakarta Bandung. Research method in this research is case study method that is research about research subject related to a specific phase or typical of whole research. While the type of research used is descriptive research is a form of research by conducting an analysis of the comparison between the data obtained from the object of research with theoretical knowledge that is closely related to the problem to be studied. The results showed that the service of Hotel Jayakarta Bandung has an advantage over its competitors. This can be seen from the implementation of operational efforts in the hotel service that is providing complete facilities, interior & exterior using the services of architecture, the availability of complete information media (brochures / leaflets, website), strategic location, high security level, , appropriate prices, food and beverage quality, friendliness, neatness and courtesy of employees, employees are fast and precise in serving customers, employees know complete hotel information, completeness of payment facilities, and provide box suggestion facilities.Keyword: Quality Function Deployment Method, the service quality of Hotel Jayakarta Bandung

 

Abstrak. Saat ini, hotel bukan hanya dijadikan sebagai tempat menginap atau beristirahat saja, bahkan sering dijadikan sebagai tempat buka puasa bersama, berkumpul dengan teman-teman dan keluarga bagi hotel yang memiliki resto atau cafe, bahkan untuk resepsi pernikahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) pada Hotel Jayakarta Bandung. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu penelitian mengenai subjek penelitian yang berkaitan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan mengadakan analisis terhadap perbandingan antara data yang diperoleh dari objek penelitian dengan pengetahuan teoritis yang berhubungan erat dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Hotel Jayakarta Bandung memiliki keunggulan dari pada pesaingnya. Hal ini dapat dilihat dari penerapan upaya operasional dalam pelayanan hotel yaitu menyediakan fasilitas yang lengkap, interior & eksterior menggunakan jasa arsitektur , tersedianya media informasi yang lengkap (brosur/leaflet, website), lokasi yang strategis, tingkat keamanan yang tinggi, merawat kebersihan secara berkala, harga yang sesuai, kualitas makanan dan minuman, keramahan, kerapian dan kesopanan karyawan, karyawan cepat dan tepat dalam melayani pelanggan, karyawan mengetahui informasi hotel yang lengkap, kelengkapan fasilitas pembayaran, dan menyediakan fasilitas kotak saran.

Kata kunci: Metode Quality Function Deployment dan Kualitas Pelayanan Hotel Jayakarta Bandung.


Keywords


Metode Quality Function Deployment dan Kualitas Pelayanan Hotel Jayakarta Bandung

Full Text:

PDF

References


Daft, Richard L. (2006). Manajemen, Edisi Keenam Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.

Gaspersz, Vincent. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Triguno. (1997). Budaya Kerja Menciptakan Lingkungan Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Golden Terayon Press.

Ibrahim. (1997). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Gronnro, C. (1990). Service And Marketing: Managing The Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington.

Adrian, Payne. (2000). Pemasaran Jasa. The Essence of Service Marketing. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2005). Strategi Pemasaram dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Fandy, Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indonesia Kelompok Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9078

Flag Counter   Â