Pengaruh Penerapan Internet Banking, Npf dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Laba Bank Umum Syariah di Indonesia yang Terdaftar di Ojk (Periode 2011-2016)

Linggih Sari Nur'aini, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. This study aims to determine the effect of internet banking, non-performing finance (NPF) and Third Party Funds (Demand Deposit, Savings and Deposits) to the Profit of Sharia Commercial Bank in Indonesia for 2011-2016 period by analyzing the financial statements of each Sharia Commercial Bank in Indonesia. The research method used is quantitative research method. The sampling technique used purposive sampling where the population sampled in this study is all of Sharia Commercial Bank in Indonesia as many as 13 banks registered in OJK period 2011-2016 with consideration of certain criteria and obtained sample in this research as much as 60 annual report from 10 banks that pass the criteria. The results of this study indicate that there is a positive influence of internet banking variables, while the variable NPF, variable Giro, Savings variables, and Deposit Variables have a negative influence on the profit of Sharia Commercial Bank in Indonesia.

Keywords: internet banking, NPF, DPK, Profit

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan internet banking, Non Performing Finance (NPF) dan Dana Pihak Ketiga yang terdiri dari (Giro, Tabungan, dan Deposito) terhadap Laba Bank Umum Syariah di Indonesia periode tahun 2011-2016 dengan menganalisa laporan keuangan masing-masing Bank Umum Syariah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mana populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia sebanyak 13 bank yang terdaftar di OJK periode 2011-2016 dengan pertimbangan kriteria-kriteria tertentu dan diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 laporan tahunan dari 10 bank yang lolos dalam kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari variabel internet banking, sedangkan variabel NPF, variabel Giro, variabel Tabungan, dan Variabel Deposito memiliki pengaruh negatif terhadap laba Bank Umum Syariah di Indonesia.

Kata Kunci: internet banking, NPF, DPK, Laba.


Keywords


internet banking, NPF, DPK, Laba

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. F. (2005). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Malang: UMM Press.

Bank Indonesia, Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/15/pbi/2007 tentang Penerapan Manajemen Resiko dalam Pengunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum. LN tahun 2007 Nomor 144 DPNP, TLN 4785 DPNP.

Baridwan, Z. (2004). Intermediate Accounting “Pengantar Akuntansiâ€, Buku 2, Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.

Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Karim, A. A. (2014). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan(Edisin Kelima), Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suwardjono. (2016). Teori Akuntansi, (Edisi Ketiga) Cetakan Kesembilan. Yogyakarta: BPFE - Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9015

Flag Counter   Â