Pengaruh Advertising terhadap Minat Beli Majalah Mangle di Kota Bandung

Dimas Ilham Jafar, Dede R. Oktini

Abstract


Abstract. This study are to (1) know the implementation of advertising on PT Mangle Panglipur, (2) how consumers respond to the implementation of advertising on PT Mangle Panglipur, (3) how consumers respond to purchase intention on Majalah Mangle, and (4) to find the effect of advertising on Majalah Mangle to purchase intention. This study was undertaken on consumers Majalah Mangle in Bandung. The research method used is survery method. The type of research conducted is verifikatif quantitative. The sampling technique used is incidental sampling. The sample size are 100 respondents who know about Majalah Mangle. Data collection technique used is questionnaire. Data analysis method used is Simple Linear Regression Analysis to know the direction of relationship between independent variable and dependent variable. The results of this study show the influence advertising on consumer purchase intention with a value of p = 0.000, correlation coefficient of 0.728 (R = 0.728), and the determinant coefficient (R-Square / R2) of 53%. This means that there is influence between advertising to consumers purchase intention.

Keywords: Advertising, Purchase Intention, PT Mangle Panglipur.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan advertising pada PT Mangle Panglipur, (2) bagaimana tanggapan konsumen tentang pelaksanaan advertising pada PT Mangle Panglipur (3) bagaimana tanggapan konsumen terhadap minat beli pada Majalah Mangle, dan (4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh advertising terhadap minat beli konsumen Majalah Mangle. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Majalah Mangle di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang mengetahui tentang Majalah Mangle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh advertising terhadap minat beli konsumen dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar  0.728 (R = 0.728), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 53%. Artinya terdapat pengaruh antara advertising terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: Periklanan, Minat Beli, PT Mangle Panglipur.


Keywords


Periklanan, Minat Beli, PT Mangle Panglipur

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Kotler, Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Samuel, Hatane dan Lianto, A.S. 2014. Analisis eWOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 8 no 2.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior, Tenth Edition. Pearson Education.

Suhandang, Kustadi. 2009. Public Relation: Kajian, Program, dan Implementasi. Bandung : Nuansa Cendekia.

Wardhani, Diah. 2008. Media Relation, Sarana Pembangunan Reputasi Organisasi. Jakarta: Graham Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9001

Flag Counter