Pengaruh Country of Origin terhadap Minat Beli Mobil K

Vera Nurul Anbiya, Septiana A Estri Mahani

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to find out the implementation and application of country of origin at K company, to find out the response of the customers about K car country of origin, to find out the level customers purchase intention to K car from South Korea, and to find out how much the influence of country of origin to customers purchase intention. This research was conducted K company at Bandung with case study method and using simple regression analysis processed by SPSS. The sample which used in this research are 100 respondents, with non probability accidential survey and techniques research methods. Analysis data used is simple regression analysis aimed to hypotesis tested. The result of this research showed the influence of country of origin toward customers purchase intention with value of p = 0,000, correlation coefficients 0,665 (R = 0,665), and the determinate coefficients (R2) 44,2% which means there is influence between country of origin toward purchase intention

Keywords: Country of Origin, Purchase Intention.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan upaya country of origin di PT. K, untuk mengetahui tanggapan responden tentang country of origin mobil K, untuk mengetahui tingkat minat beli konsumen terhadap mobil K asal Korea Selatan, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada PT. K Bandung dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen dengan nilai p = 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,665 (R = 0,665) dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 44,2% yang berarti terdapat pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: Country of Origin, Minat Beli.


Keywords


Country of Origin, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Garry et,al. 2007. Principles of Marketing 6E. Australia: Pearson

Cannon, Joseph. P et al. 2008. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global Buku 1 Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Cannon, Joseph. P et al. 2008. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Jovita dkk. “Country of Origin dan Pengaruhnya Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli Ipad di Indonesia.†Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 25 no.1, hal. 1-8, Agustus 2015.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management Millenium Edition, Tenth Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2 Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Listiana, Erna. “Pengaruh Country of Origin Terhadap Perceived Quality dengan Moderasi Etnosentris Konsumen.†Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 1, hal. 21-47, 2012.

Nor Sara NMY dan Wan Edura WR. “The Influence of Country of Origin on Counsumer Purchase Intention.†Procedia Economics and Finance, no. 37, hal. 343-349, 2016.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business : Metodologi Penelitian untuk Bisnis 1, edisi 4. Bandung: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business : Metodologi Penelitian untuk Bisnis 2, edisi 4. Bandung: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Team Laboratorium Manajemen. 2017. Modul Laboratorium Statistik Program Studi Manajemen. Bandung: FEB UNISBA.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8993

Flag Counter   Â