Pengaruh Internet Banking, Car, Bopo dan Npl terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2016

Diana Yultiara, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. This research is meant to find out the influence of internet banking, CAR, BOPO, NPL to the profitability (ROA). The population of this research are banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and the total amount is 43 banks. The sample collection technique has been done by using purposive sampling with 3 criteria and the samples are 43 banks, the observation period conducted in 2016. The data is secondary data which is done by using financial statement data. The analysis technique has been done by using multiple linear regression analysis. The test result of this research is internet banking has no significant effect on ROA, CAR have significant positive effect to ROA, BOPO have significant negative effect to ROA, NPL has no significant effect to ROA in banking listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) period 2016.

Keywords: Internet banking, CAR, BOPO, NPL.


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel internet banking, CAR, BOPO, NPL terhadap profitabilitas (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 43 bank. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampel dengan 3 kriteria dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 43 bank, periode pengamatan yang dilakukan pada tahun 2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian dari penelitian ini adalah internet banking tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, CAR berpengaruh postif signifikan terhadap ROA, BOPO berpengaruh negative signifikan terhadap ROA, NPL tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016.

Kata Kunci: Internet banking, CAR, BOPO, NPL.


Keywords


Internet banking, CAR, BOPO, NPL

Full Text:

PDF

References


Dendawijaya, Lukman. 2003. Manajemen Perbankan Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Frianto, Pandia. 2012. Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Cetakan pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, cetakan keempatbelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munawir. 1992. Analisa Laporan Keuangan Edisi Pertama. Yogyakarta: Liberty.

Nita, Fachrul. 2017. ANALISIS PENGARUH INTERNET BANKING, DPK, NPL, BOPO DAN NIM TERHADAP LABA STUDI KASUS PADA BANK BRI. Pekalongan: Tidak Diterbitkan. STIE.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma, dan Foenadioen. 2003. Termoinologi Populer Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang – Undang RI Nomor 10 tahun 1998




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8984

Flag Counter   Â