Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survey terhadap pengguna T-Cash Tap Telkomsel di Kota Bandung)

Ulfah Fauziyyah, Ratih Tresnati, Septiana A. Esri Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan dan upaya Word of Mouth  pada T-Cash Tap Telkomsel Kota Bandung, (2) bagaimana tanggapan konsumen tentang upaya Word of Mouth  pada T-Cash Tap Telkomsel Kota Bandung, (3) bagaimana tanggapan Keputusan  Pembelian  pada T-Cash Tap Telkomsel Kota Bandung dan (4) untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh Word of Mouth  terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental . Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli T-Cash Tap Telkomsel di Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner . Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.   Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada  T-Cash Tap Telkomsel dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar 0,842 (R =0,842), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar  71,0%. Artinya terdapat pengaruh antara Word of Mouth  terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Word of Mouth, Keputusan Pembelian, T-Cash Tap Telkomsel

References


Andari, Rini, dkk. Pengaruh Word of Mouth terhadap keputusan pembelian Tiket Maskapai penerbangan Domestik di Davina Tour and Travel Gorontalo. Universitas Pendidikan Indonesia,Bandung.

Febriana, L. &Rumyeni. 2016. The Influence Of Word Of Mouth Communication Towards Brand Image Of Iphone On Student Of Political Science And Social Science Faculty University Of Riau. JOM FISIP, Vol. 3, No. 2, Oktober 2016.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Naz, Fatima.2014. Word of Mouth and Its Impact on Marketing.

Oktafani, Farah, dkk. 2014. Pengaruh Word of Mouth terhadap proses keputusan pembelian pada cafe roti Gempol dan Anjis cabang Suryasumantri Bandung .Universitas Telkom, Bandung

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. 13th Edition, Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi IISwastha, Basu dan T. Hani Handoko, 2006, Manajemen Pemasaran, Analisis

Tresnati, Ratih, dkk.2015. Pengaruh Private Label Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Alfamart Katamso Bandung). Universitas Islam Bandung.

Tresnati, Ratih, dkk.2015. Pengaruh Private Label Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Alfamart Katamso Bandung). Universitas Islam Badung.

WEBSITE :

http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/faktor-faktor-yang mempengaruhi_23.html

ejournal.bsi.ac.id

www.Telkomsel.com

www.bi.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8663

Flag Counter   Â