Pengaruh Debt To Asset Ratio & Debt To Equity Ratio terhadap Return On Asset (Studi pada Perusahaan Sektor Food & Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Saiful Akbar, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh Debt to Asset Ratio & Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset. Penelitian ini menggunakan variabel independen Debt to Asset Ratio & Debt to Equity Ratio. Variabel Dependennya Return On Asset, dihitung dengan rumus ROA. Sampel yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan  sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel digunakan sebanyak 10 perusahaan. Metode statistik menggunakan analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan dengan menggunakan Pengujian Hipotesis Uji t & Uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Debt to Asset Ratio (DAR) & Debt to Equity Ratio (DER)  memiliki hubungan yang signifikan terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor Food & Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Kata Kunci : Tax Amnesty, Dana Pihak Ketiga, Return On Assets, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Loan To Deposit

References


Agus Sartono. (2000). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE

Agus Sartono. 2010. Manajemen keuangan Teori dan Aplikasi (4 th ed.). Yogyakarta: BPFE

Alfredo Mahendra.2011 .Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Universitas Udayana.

Andriyani, Lusiana Noor. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEJâ€, Skripsi Fakultas Ekonomi Akuntansi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2006.

Bambang Sugeng. (2009). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal terhadap Kebijakan Inisiasi Dividen Di Indonesia. Jurnal ekonomi Bisnis Tahun 14 Nomor 1 Maret 2009 , 37-48

Brealey, Richard A., Stewart C. Myers dan Alan J. Marcus, 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, Jilid Kedua, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11, Penerjemah Ali Akbar Yulianto, Salemba Empat, Jakarta.

Brigham, Eugene dan Joel F Houston, 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta:Salemba Empa

Ebaid. 2009. “Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013â€.

Fadhilah, Ansoriyah. 2011. “Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan: Studi Kasus Pada Perusahaan-perusahaan Sektor Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia, 2005-2009â€. Tesis, Institut Pertanian Bogor.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8657

Flag Counter   Â