Pengaruh Tingkat Debt Financing dan Equity Financing terhadap Profit Expense Ratio Perbankan Syariah ( Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia periode 2012-2016)

Sri Wahyuni, H. Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Profit Expense Ratio (PER) adalah rasio profitabilitas dimana bila rasio ini menunjukkan nilai yang tinggi mengindikasikan bahwa bank menggunakan biaya secara efisien dan menghasilkan profit yang tinggi dengan beban – beban yang harus ditanggungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Tingkat Debt Financing dan Equity Financing ­terhadap Profit Expense Ratio pada Perbankan Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2012 – 2016. Populasi dalam penelitian ini yaitu Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2012 - 2016, dan penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 11 Bank Umum Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Debt Financing dan Equity financing terhadap Profit Expense Ratio pada Perbankan Syariah yang terdaftar di Bank Umum Syariah periode 2012 – 2016.


Keywords


Debt Financing, Equity financing dan Profit Expense Ratio

References


Ascarya. 2005. Majalah Ekonomi Syariah : “Dominasi Pembiayaan Non Bagi Hasil di Perbankan Syariah Di Indonesia : Masalah dan Alternatif Solusiâ€. EKABA Universitas Trisakti, Jakarta

Karim, Adiwarman A.2004.Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada,.Jakarta.

Muhammad, 2004.Manajemen Dana Bank Syariah, Ekonisia, Yogyakarta.

Samad, Abdus,.dan M.Khabir Hassan.1999.Islamic International Journal of Financial Services : “The Performance of Malaysian Islamic Bank during 1984-1997 : An Exploratory Studyâ€.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8635

Flag Counter   Â