Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah terhadap Return On Asset (Roa) pada Bank Umum Syrariah Periode Triwulan Tahun 2015-2016

Muhamad Praya Dwika, H. Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Mudharabah dan Musyarakah terhadap profitabilitas bank yang diproyeksikan dengan ROA. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan triwulan dari Bank umum syariah yang beroprasi di indonesia tahun 2015-2016 yang diperoleh melalui laporan publikasi bank umum syariah di website resmi Bank Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan bank umum Syariah dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 48 data laporan keuangan Bank umum Syariah periode 2015 - 2016 yang diambil melalui purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan regresi berganda, koefisien determinasi, serta pengujian yang dilakukan secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda    dari nilai koefisien regresi variabel pembiayaan mudharabah sebagai variabel ð‘‹1 bernilai positif yaitu sebesar 3.464E-006. Hal ini mengandung arti bahwa setiap kenaikan pembiayaan mudharabah sebesar 1% maka ROA akan naik sebesar 3.464E-006 dengan asumsi bahwa variabel independen lainnya adalah tetap atau bernilai 0 (nol). Artinya jika nilai variabel pembiayaan mudharabah semakin tinggi/meningkat maka nilai variabel ROA akan semakin meningkat. Sedangkan nilai koefisien regresi variabel pembiayaan musyarakah sebagai variabel ð‘‹2 bernilai negatif yaitu sebesar -4.548E-007. Hal ini mengandung arti bahwa setiap kenaikan pembiayaan mudharabah sebesar 1% maka ROA akan turun sebesar -4.548E-007 dengan asumsi bahwa variabel independen lainnya adalah tetap atau bernilai 0 (nol). Artinya jika nilai variabel pembiayaan musyarakah semakin meningkat/tinggi maka nilai variabel ROA akan semakin meningkat. Besarnya variabel ROA Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,146. Artinya ROA dipengaruhi pembiayaan mudharabah dan musyarakah sebesar 14,6% sedangkan sisanya 85,4% dipengaruhi variabel lain. Secara simultan terdapat pengaruh dan signifikan antara Mudharabah dan Musyarakah Terhadap ROA. Dan secara parsial signifikan pada variabel Mudharabah terhadap ROA, namun variabel Musyarakah tidak berpengaruh dan  tidak signifikan terhadap ROA.


Keywords


Mudharabah, Musyarakah, ROA.

References


Agus Sartono. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4 th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Antonio, Muhammad Syafi’I, (2000), Bank Syariah Suatu Pengenalan Umum, Jakarta : Tazkia Institut.

Antonio, M. S (2001) Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani

Antonio, Muhammad Syafi’I (2002) “Bank Syariah dari teori kepraktik†Gema Insani Jakarta.

Arifin, Zaenul, 2002. Dasar – Dasar Manajemen Bank Syariah, Alvabet, Jakarta

Arikunto S, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston, (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi sepuluh, PT. Salemba Empat, Jakarta

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Chapra, M. Umer. (1985). Toward a Just Monetary System. Leicester. The Islamic Foundation.

Dahlan, Ahmad. 2012. Bank Syariah ; Teoritik, Praktik, Kritik, Yogyakarta: Teras.

Dendawijaya Lukman. 2003. Manajemen Perbankan, Edisi kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia

Ghojali, imam. 2001. Aplikasi Multivarieate Dengan Program SPSS semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Safri, (2005). Teori Akuntansi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. (2008). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada, Jakarta

I Made Sudana. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga, Ijakarta.

Karim,Adimarwan.2004.Bank Islam,Analisis Fiqih dan Keuangan.Rajawali pers.Jakarta

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kuncoro dan Suhardjono, 2002, Manajemen Perbankan (Teori dan Aplikasi), Edisi Pertama, Penerbit BPFE , Yogyakarta

Martono dan Agus Harjito, (2001), Manajemen Keuangan, Edisi Keempat, Yogyakarta

Marzuki. 2003. Metodologi riset, Yogyakarta: BPFE-UII

Moh. Nazir, (2003), Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Mubarok, Jaih, 2004. Perkembangan Fatwa Ekonomi Syariah di Indonesia, Pustaka Bani Quraisy, Bandung

Muhammad. 2002. Bank Syariah Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Ekonosia : Yogyakarta

Muhammad. (2005). Manajemen Pembiayaan Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Moch.Nazir.(2003),Metode Penelitian,Salemba Empat,Jakarta,63.

Moh. Nazir, (2003), Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sekaran, Uma, 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. (2011). Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sofyan Syafri Harahap. (2008). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persana.

Sudarsono, Heri. (2003). Bank Lembaga Keuangan Syariah : Deskripsi dan Ilustrasi, Ekonisia, Yogyakarta.

Sudarsono (2008:69). Bank dan lembaga keuangan syariah. Deskripsi dan ilustrasi.Yogyakarta:UPP-AMP YKPN

Sofyan Syafri Harahap. (2008). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persana.

Sugiyono, (2004), Statistika untuk Penelitian, Cetakan Keenam, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta : Bandung

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Uma Sekaran. 2009. Research Methods For Business ( Metodologi Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Wiroso (2005) Jual Beli Murabahah. Yogyakarta: UII Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8587

Flag Counter   Â