Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli (Survey pada Pelanggan Toko Kain Rzi Cigondewah)

Hafid Saeful Sidik, Septiana A Estri Mahani, Dede R Oktini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menetahui bagaimana merancang word of mouth di OZT Café and Steakhouse Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang word of mouth di Toko Kain RZI Cigondewah, untuk mengetahui tanggapan responden tentang minat beli di Toko Kain RZI Cigondewah, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh word of mouth  terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan pada Toko Kain RZI Cigondewah dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh word of mouth terhadap minat beli dengan nilai p=0,000, koefisien korelasi sebesar 0,865 (R=0,865) dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 74,8% yang berarti terdapat pengaruh word of mouth terhadap minat beli.


Keywords


word of mouth, minat beli

References


Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall

Hasan, Ali. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Yogyakarta, CAPS.

Hasan, Ali. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta; CAPS.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta, ANDI OFFSET.

Tjiptono, Fandy. Chandra, Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI OFFSET.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 2, Edisi 12). Harlow: Pearson Harlow

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. (Jilid 2, Edisi 12). Jakarta: Erlangga

Mowen, John C. & Minor, Michael. (2002). Perilaku Konsumen (Jilid kedua,

Edisi Kelima). Jakarta : Erlangga

Sernovitz, Andi. 2009. Word of Mouth Marketing. New York: Kaplan.

Bolang, Asia Virani. Oktafiani, Farah. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Suryasumantri Bandung. Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas

Adinda, Silvana. Harsono, Listyo Dwi. Pengaruh Word of Word of mouth Communication terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pembelian ponsel androit. Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Werdiningsih, Ratri. Silvianiya, Anita. (2012). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan pembelian produk House of Adity. Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom.

Rizky, Muhammad Fakhru. Yasin, Hanifa (2024).Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurna Sei Menciri Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis vol 14 no 2 Oktober 2014 Universitas Muhammadiyah Sumatera utara

Kumala, Octaviantika Benazir (2012). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada Tune Hotel Kuta-Bali. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Niaga depok, Universitas Indonesia.

Nurvidiana, Rahma. Hidayat, Kadarisman dan Abdilllah, yusri (2015). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg.XI Malang). Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang.

Sari, Ratna Dwi Kartika. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Word Of Mouth Cummunication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV.Mega Jaya MebelSemarang.Jurnal.Universitas Diponegoro

Arista, E. Desi. 2011. Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 13 No. 1 Maret 2011, hal. 37-45.

Tujiono dan Karmeli, Okta (2017). Pengaruh Sales Promotion dan Service Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Fast Food(Kasus Penjualan Produk KFC Pada KFC Metropolitan City Pekanbaru).Program Studi Administrasi Bisnis FISIF Universitas Riau.

Thamrin, 2003. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Swastha, B.D. dan Irawan, 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Mehta, Abilasha, 1994. How Advertising Response Modelling (ARM) can Increase Ad Effectiveness; Journal of Advertising Research, vol 34, p.62

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar, 2007. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks

Maghfiroh, As’alul. Arifin, Zainul, (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat).Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Sugiono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Website

http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html

http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-pemasaran-menurut-definisi.html

https://catatanmarketing.wordpress.com/tag/pengertian-marketing-mix-menurut-para-ahli

http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-bauran-pemasaran-marketing.html

http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2011/10/membangun-minat-beli-definisi-faktor.html

http://adityolaksono26.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-minat-beli-dan-faktor-faktor.html

https://kantinpustaka.blogspot.co.id/2013/12/minat-beli.html




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8534

Flag Counter   Â