Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Sepatu Bata (Suatu Survey Konsumen Sepatu Bata di Festival Citylink Bandung)

Septi Nuryani Dewi, Dede R Oktini, Nina Maharani

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan dan upaya citra merek di Sepatu Bata (2) untuk mengetahui tanggapan responden tentang citra merek Sepatu Bata, (3) untuk mengetahui tingkat minat beli konsumen terhadap sepatu Bata (4) untuk mencari seberapa besar pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada Sepatu Bata Festival Citylink Bandung dengan metode survey dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling, dengan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden,. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen dengan nilai p = 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,777 (R = 0,777) dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 60,4% yang berarti terdapat pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen.

Keywords


citra merek, minat beli

References


Aaker, David .1991. Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name.New York : Free Press

Ambarwati Miki, Sunarti. 2015. Pengaruh Citra merek terhadap minat beli pada Mahasiswa universitas brawijaya yang menggunakan pasta gigi pepsodent. Jurnal Administrasi Bisnis. Malang : Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang

A.Shimp, Terence..2003. Periklanan Promosi aspek tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Diallo, Fall Mbaye. 2012. Effect of store Image and store brand price-image on store brand purchase intention: Application to an emerging market. Jurnal of Retailing and Consumer Service. University Paul Cezanne

Joshua Timothy, Haryadi Edi. 2015. Pengaruh Citra merek dan Price Perception dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Manajemen. Jakarta: Universitas Khatolik Indonesia Atma Jaya.

Fandy Tjiptono. 2006. Brand Management dan Strategy. Yogyakarta. Andi

Fibriyanti Fanny Miki, Dharmayanti. 2014. Pengaruh Citra merek dan Perceived Quality terhadap terhadap Kepuasan dan Loyalitas terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Kotler, P and Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13, jilid 2. Jakarta:PT Indeks

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 1. Jakarta: Indeks Mulia Pustaka, Jakarta Lamb, Hair, McDaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, jakarta : salemba Empat

Kotler, Philip. 2006. Marketing Management 12. Person International Edition.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management, Edisi 13, Jakarta, Erlangga

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane .2012. Marketing Management, edisi 14. NewJersey : Prentice Hall Published.

Nst Rizky, Fakhru Muhammad. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt, Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Sumatera Utara : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Prabela Eka, Veronica Cintya., Kumadji, Srikandi., Mawardi, M Kholid .2016. Pengaruh Integrated Marketing Communication dan Public Relation Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian ( Survei Pada Pengunjung Hotel Harris dan Convention Malang) Jurnal Administrasi Bisnis . Malang : Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang

Pratiwi, Suci Made., Suwendra, Wayan I., Yulianthini, Nyoman Ni .2014. Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk dan Citra Pemakai Terhadap Keputusan Pembelian Produk Foremost pada Diatro Ruby Soho Singaraja. e-Journal Bisma Universitas Ganiesha.Singaraja : Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon and Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. 2007. Prentice Hall, New Jersey.

Setiawan, Ihwnm, Anton, A, dan Susila, I. 2004. Pengaruh Service Quality Perception Terhadap Purchase Intention: Studi Empirik Pada Konsumen Supermarket. Usahawan, 33(7), pp. 29-37 Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2003. Cetakan kelima. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. Cetakan kedelapan belas. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Swastha, Basu D.H dan Irawan. (2000) . Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

https://21studiousness.wordpress.com/2016/01/12/pengaruh-brand-image-citra-merek-dengan-minat-beli-konsumen-pada-air-minum-dalam-kemasan-aqua/

www.komunikasiana.com (www.bambangsukmawijaya.wordpress.com)

http://wdyanita.blogspot.com/2013/11/brand-image-citra-merek.html

elib.unikom.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8349

Flag Counter   Â