Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey Pelanggan Restoran Pepo Appetite)

Nanda Aulia, Ratih Tresnati, Nina Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan experiential marketing di Pepo Appetite (2) bagaimana tanggapan responden tentang penerapan experiential marketing di Pepo Appetite (3) bagaimana loyalitas pelanggan  di Pepo Appetite (4) dan untuk mencari seberapa besar pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada restoran Pepo Appetite. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli produk di Pepo Appetite. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan di Pepo Appetite dengan nilai p = 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,725 (R = 0,725), dan koefisien determinasi (RSqure/R2) sebesar 53,7%. Artinya terdapat pengaruh antara experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan.

 


Keywords


experiential marketing, loyalitas pelanggan

References


Adeosun, Ganiyu ; “Experiential Marketing: An Insight into the Mind of the Consumer†; Asian Journal of Business and Management Sciences Vol. 2 No. 7 [21-26]

Alkilani et al ; “The Impact of Experiential Marketing and Customer Satisfaction on Customer Commitment in the World of Social Networks†Asian Social Science; Vol. 9, No. 1; 2013.

Alma, B. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Andreani,F ; “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran )†;Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.2 No.1, Tahun 2007

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Christian, Dharmayanti ; “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty The Light Cup di Surabaya Town Square†Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 1, No. 2, (2013).

Dantes, nyoman. 2012. Metode Penelitian.Yogyakarta:Andi

Gaffar, V. (2007). CRM dan MPR Hotel. Bandung: CV. Alfabeta.

Gita et al; “Experiential Marketing Creative Antecedence for Success of Brand Loyalty (A Study on the Users of Perfume for Body in Indonesiaâ€; International Review of Management and Marketing 2017

Griffin, J. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan.Penerbit Erlangga. Jakarta.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hermawan, Kartajaya. 2004, “Marketing in Venusâ€. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Husein, Umar. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

https://wisatakuliner182.wordpress.com/2015/10/11/nikmatnya-noodle-ice-cream-ala-pepo-appetite-2/

Indirani F; “ Experiential Marketing Sebagai Suatu Strategi Dalam Menciptakan Customer Satisfaction dan Repeat Buying Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran†; Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol.3 No.1, Tahun 2006

Jahromi et al ; †Examination the Interrelationships Experiential Marketing, Experiential Value, Purchase Behavior and Their Impact on Customers Loyalty (Case Study: Customers of Hormoz Hotel in Bandar-e-Abbas)†; Journal of Marketing and Consumer Research. 2015

Jatmiko,RD dan Andharini,SE ; “ Analisi Experiential Marketing dan Loyalitas Pelanggan†;Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.14, NO. 2, September 2012.

Kotler, Keller. 2012. Edisi keempat belas. Management Marketing. Global Edition. Pearson Prentice. Hall.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.

Öztürk, R ; “Exploring the Relationships between Experiential Marketing, Customer Satisfaction and Customer Loyalty: An Empirical Examination in Konya†; International Scholarly and Scientific Research & Innovation 9(8) 2015

Putri, Astuti Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap LoyalitasPelanggan Hotel “X" Semarang,2010

Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Schmitt, B Experiential Marketing : How to get customer to sense, feel, think, act, and relate to your company and brands.

Smilansky,S Experiential Marketing : A practical guide to interactive brand experiences.

Sugiyono. 2010. Penelitian Untuk Statistik. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Luantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta

Tetanoe, Dharmayanti ; “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square†; Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, 2014.

Tukiran et al. 2012. Metode Penelitian Survei, LP3ES:Jakarta

Tresnati et al ; Pengaruh komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Tabungan IB Masalahah; 2015

Wijaya, Subagiyo; “Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediating Variable Di De Mandailing Cafe UC Boulevard Surabayaâ€.Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 2, No. 1, (2014)

www.agribisnis.com

www.bandungkota.bps.go.id

www.bkpm.go.id

www.instagram.com/pepoappetite/

www.Qraved.com

www.solopos.com

Yuan, Wu ; “Relationship Among Experiential Marketing, Experiential Value, and Customer Satisfactionâ€; Journal Of Hospitality & Tourism Research, October 12, 2008

Yuliawan,E dan Ginting,M ; “ Pengaruh Experiential Marketing Terhadap kepuasan Nasabah Pada PT.Bank Mandiri Cabang Medan†; Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil Vol 6 No.1 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8332

Flag Counter   Â