Analisis Pemilihan Pemasok Bahan Baku Kedelai dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada CV. NJ Food Industries Bandung

Chitra Alyani Shafhira, Tasya Aspiranti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, serta  menganalisis penentuan pemilihan pemasok di CV. NJ Food Industries. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah kepada bagian produksi di CV. NJ Food Industries. Tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, dan wawancara serta dokumentasi di perusahaan. Analisis data menggunakan Analytical Hierarcy Process, menunjukkan bahwa pemilihan pemasok pada bagian Produksi di CV.NJ Food Industries belum dijalankan dengan baik. Berdasarkan analisa dari 5  kriteria yang terdiri dari Quality, Cost, Delivery, Flexibility, Responsiveness (QCDFR). Responden dari penelitian ini 4 orang yaitu Kepala Bagian Produksi, Wakil Kepala Bagian Produksi, Kepala Shift 1, Kepala Shift 2. Diperoleh hasil bahwa terdapat pemasok dengan nilai skor  kinerja terbaik sebesar 88.14%. Keunggulan dari Bola Merah yaitu memiliki kualitas yang baik, memiliki harga kedelai yang sesuai dengan kualitas, dan mudah dalam berkomunikasi sehingga dapat memenuhi permintaan bahan baku pada perusahaan CV. NJ Food Industries.


Keywords


Pemasok, Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

References


Chuong, Sum Chee dan William J. Stevenson, 2014. Operations Management: An

Asian Perspective. 9 edition, Singapore: McGraw Hill Education.

Heizer, Jay dan Render Barry. 2006. Operations Management (book 1) Issue 7. Diterjemahkan oleh: Dwianoegrahwati Setyoningsih, M. Eng.Sc. dan Indra Almahdy, M.Sc. New York: Four Salemba.

Heizer Jay dan Render Barry. 2015. Operation Management Sustainability and Supply Chain Management Elevent Edition, USA: Pearson Education Limited.

Kalakota, Ravi dan Whinston Andrew B. 2000. Frontiers Of Electronic Commerce. United State of America: Pearson Education.

Reid, R. dan Sanders Nada R. 2013. Operations Management: An Integrated Approach. Fifth Edition. New Jersey: Jhon Willey and Sons.

Saaty, T. L. 1988. Multicriteria Decision Making : The Analytic Hierarchy Process. USA: British Library.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumayang, Lalu. 2003. Dasar-dasar Management Produksi dan Operasi, Jakarta: Salemba Empat

Uyuunul Mauidzoh dan Yasrin Zabidi. “Perancangan Sistem Penilaian dan Seleksi Supplier Menggunakan Multikriteria.†Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol. 5 No. 3 April 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8080

Flag Counter   Â