Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio (Survei pada Konsumen Yamaha Mio di Kota Bandung)

Tira Fauziah Wiranto, Nina Maharani, Dede R. Oktini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan ekuitas merek di PT.Yamaha Indonesia Motor manufacturing, tanggapan konsumen terhadap ekuitas merek Yamaha Mio, tanggapan konsumen terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio dan   seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap kepurtusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli produk Yamaha Mio di Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan ekuitas merek yang digunakan oleh Yamaha Mio tergolong sangat kuat, artinya ekuitas merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap keptusan pembelian.


Keywords


ekuitas merek, keputusan pembelian

References


Aaker, David.1997.Ekuitas Merek.Edisi Indonesia:Jakarta Mitra Utama.

Arikunto S.2010.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Raneka Cipta:Jakarta.

Bilson Simamora.2003.Panduan Riset Perilaku Konsumen.Jakarta.PT Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dkk.2004.Strategi Menaklukan Pasar.PT Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.

J Paul Peter dan Jerry C Olson.2013.Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Dua (E9).

Kevin Lane Keller.2003.Strategic Brand Management.Second Edition.Prentice Hall.

Kotler dan Keller.2012.Marketing Management,14th.Person Education.

Kotler dan Susanto.2001.Manajemen Pemasaran Di Indonesia.Salemba Empat:Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong.2009.Principles of Marketing.11th.New Jersey.Person Prentice hall.

M.Nazir.2011.Metode Penelitian.Jakarta:Ghala Indonesia.

Rangkuti,Freddy.2002.Riset Pemasaran.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan dan Akdon.2007.Rumus dan Data dalam Analisis Statistika.Cetakan kedua.Bandung:Alfabeta.

Sugoyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Alfabeta:Bandung.

Tjiptono Fandy.2008.Strategi Pemasaran.Edisi Ketiga.Yogyakarta:Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7985

Flag Counter   Â