Pengaruh Current Ratio Dan Return On Asset terhadap Harga Saham Studi pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Issi (Indeks Saham Syariah Indonesia) dan Tercatat di Bei Tahun 2013-2015

Chandra Septian, Dikdik Tandika, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh Current Ratio dan Return On Asset terhadap Harga Saham. Penelitian ini menggunakan variabel independen Current Ratio dan Return On Asset. Variabel Dependennya Harga Saham. Sampel yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan  sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel digunakan sebanyak 10 perusahaan. Metode statistik menggunakan analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan dengan menggunakan Pengujian Hipotesis Uji t & Uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Current Ratio dan Return On Asset memiliki hubungan yang signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diperoleh informasi bahwa R-square sebesar 0,178 atau 17,8%. Nilai tersebut menunjukan bahwa Current Ratio dan Return On Asset terhadap Harga Saham sebesar 17,8%. Sedangkan sisanya sebesar 100% - 17,8% = 82,2% lainnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Current Ratio, Return On Asset, Harga Saham, purposive sampling, Metode Statistik

References


Harahap, Sofyan S. (2010). Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali.

Sawir, Agnes.(2009). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan

Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Darmadji, Tjiptono dan Henry M. Fakhuddin. 2006. Pasar Modal di Indonesia. Pendekatan tanya jawab. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Hartono. Jogiyanto. 2008. “Teori Portofolio dan Analisis Investasiâ€. Edisi Kelima. BPFE. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7984

Flag Counter   Â