Pengaruh Komunikasi Internal dan Imbalan terhadap Employee Engagement pada Pt. Paramuda Utama Teknik Mandiri Bandung

Nanda Ayu Seftya ningrum, Dudung Abdurrahman, H. Aminuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat komunikasi internal dan imbalan terhadap employee engagement di PT Paramuda Utama Teknik Mandiri Bandung. Serta untuk mencari pengaruh antara komunikasi internal dan imbalan terhadap employee engagement di PT. Paramuda Utama Teknik Mandiri Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di PT Paramuda Utama Teknik Mandiri Bandung dengan sampel penelitian 55 orang karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling sensus dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survey. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan komunikasi internal berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 181,6 (76,7%); 2) Pemberian imbalan berada pada ketegori baik dengan nilai rata-rata 151,4 (58,4%); 3) Tingkat employee engagement berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 162,5 (65,1%); 4) Komunikasi internal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement; 5) Imbalan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement; 6) Komunikasi internal dan imbalan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement.


Keywords


Komunikasi Internal, Imbalan, Employee Engagement

References


Balakrishan, C dan Masthan, D. 2013. Impact Of Internal Communication On Employee Engagement: A Study At Delhi International Airport. International Journal of Scientific and Research Publication, Volume 3, Issue 8, 1-13.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Koencoro, Galih Dwi. 2013. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja. .Universitas Brawijaya.

Macey WH, Schneider B, Barbera KM, Young SA. 2010. Employee Engagement:

Tools for Analysis, Practice, and Competitive Advantage. United Kingdom: Wiley-Blackwell.

Matteson, Ivancevich, Konopaske. 2006. Perilaku Manajemen dan Organisasi. Alih Bahasa Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

Pace, Wayne R dan Faules. 2013. Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Terjemahan: Deddy Mulyana, MA., Ph.D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Schaufeli, Salanova, Gonzalez-Roma, V., & Bakker, A. B. 2002. The Measurement of Engagement and Burnout: A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach. Journal of Happiness Studies




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7971

Flag Counter   Â