Evaluasi Pengelolaan Pelayanan Transportasi Publik dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Tows Matrix untuk Meningkatkan Kinerja Operasional (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan Trans Metro Bandung 2015-2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pengelolaan pelayanan transportasi publik dengan menggunakan metode Service Quality dan TOWS Matrix untuk meningkatkan kinerja operasional Trans Metro Bandung yang dikelola oleh Dinas Perhubungan kota Bandung. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakanan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Kuesioner disebarkan kepada 134 responden konsumen TMB. Wawancara dan observasi dilakukan pada manajemen yang relevan dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen TMB dengan sampel sejumlah 134 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Service Quality dan TOWS Matrix. Pengukuran evaluasi kinerja terdiri dari empat dimensi: Reliabillity (Kehandalan), Comfort (Kenyamanan), Personnel (Pribadi), Tangible (Bukti Fisik). Hasil penelitian menunjukan bahwa, kurangnya sistem pengelolaan dan pelayanan TMB kepada penumpang, faktor-faktor lain yaitu fasilitas-fasiltas yang tidak terawat, tidak berjalannya sistem e-ticket, TMB belum menjangkau daerah-daerah strategis dikota Bandung. Merupakan prioritas utama yang perlu diperhatikan dalam menilai pentingnya kualitas pelayanan suatu perusahaan, adalah sejauh mana pelayanan itu dapat menciptakan tingkat kepuasan semaksimal mungkin bagi konsumen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cateora, Philip R. Dan Graham, Jhon L. 2007. Pemasaran Internasional Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat. Durianto, Darmadi, Sugiarto
Chuong SC & Stevenson WJ. 2014. Manajemen Operasi; Perspektif Asia, Buku 2 Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat .
Handoko, T Hani. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 1. Yogyakarta : BPPE.
Herjanto, Eddy, 2007, Manajemen Operasi, edisi ketiga, Jakarta: PT.Grasindo
Heizer, Jay dan Barry Rander. 2006. Operations Management Buku2 edisi ke tujuh. Penerbit Salemba Empat
I Gede Mahatma Yuda Bakti Sik Sumaedi , (2015),"P-TRANSQUAL: a service quality model of public land transport services", International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 32 Iss 6 pp.534 – 558
Meakin, R. 2007, Regulasi dan Perencanaan Bus Modul 3c Transportasi Berkelanjutan: Panduan Bagi Pembuat Kebijakan di Kota-kota Berkembang. Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ), Eschborn
Munawar, ahmad, 2004, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, Beta Offset, Yogjakarta.
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Render, Barry dan Heizer, Jay. 2005. Manajemen Operasi edisi kesembilan. Salemba Empat. Jakarta
Rufaidah, Popy, 2013, Manajemen Strategik, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Humaniora, Bandung.
Salim, Abbas, 2002, Manajemen Transportasi, Grafindo Persada, Jakarta.
Sinambela, Prof. Dr. Lijan Poltok. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.
Stefani, F. 2014, Waktu Antar Kedatangan Penumpang Trans Metro Bandung Rute Cicaheum-Cibeureum, Bandung
Sinambela, Prof. Dr. Lijan Poltok. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.
Stevenson, William J. (2005). Operation Management. 11th edition. Boston:
Sugiyono, (2011) Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung.
Terry, George R. 1977. Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara : Jakarta.
Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan, 2006, Komponen Biaya Pokok Operasional Kendaraan.
Dinas Perhubungan Kota Bandung, 2013, Rencana Strategis 2013-2018. Departemen Perhubungan. Bandung
Dinas Perhubungan Kota Bandung, 2013, Trans Metro Bandung (Pengoperasian dan Pengembangan). Pemerintah Kota Bandung Dinas Perhubungan, Bandung
Direktur Jendral Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Perekayasaan
http://upttmb.dishub.bandung.go.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bus
Sumber: http://gambar-transportasi.blogspot.co.id/2015/06/alat-transportasi-darat-bus.html
Tempat Pemberhentian Kendaraan Penumpang Umum. Departemen Perhubungan. Indonesia Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan www.ditjenpum.go.id/hukum/2009/uu/UU_22_Tahun_2009.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan www.ditjenpum.go.id/hukum/2009/uu/UU_22_Tahun_2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7851
  Â