Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survey Konsumen di Dreezel Coffee Bandung)

Amalia Yaumil Hasanah, Ratih Tresnati, Nina Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan electronic word of mouth di Dreezel Coffee Bandung. (2) Untuk mengetahui tanggapan responden tentang penerapan electronic word of mouth di Dreezel Coffee Bandung. (3) Untuk mengetahui tanggapan responden terhadap keputusan pembelian di Dreezel Coffee. (4) Untuk mencari seberapa besar pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan teknik sampel adalah aksidental sampling. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Dreezel Coffee. Sampel yang diambil adalah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan nilai p=0,000, koefisien kolerasi sebesar 0,779 (R=0,779) dan koefisien determinasi sebesar () 60,6% yang berarti terdapat pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. 


Keywords


electronic word of mouth, keputusan pembelian

References


Brian Rizky Ali Rachmalika, Srikandi Kumadji, M. Kholid Mawardi. 2015.

Analisis Faktor-faktor Pembentuk Electronic Word of Mouth dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis(JAB),Vol.25No. 1, Agustus 2015.

Citra SugiantoPutri. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Peforma : Jurnal Manajemen & Start Up Bisnis. Vol 1 No. 5, Desember 2016. 594-603

Dian Wahyu Utami., Maherni Eka Saputri, ST,.MBA. 2015.

Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen café roti Gempol dan Kopi Anjis Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Telkom.

Goyette, Isabelle., Richard, Line., Bergeron, Jasmin., Marticotte, Francois. 2010.

Journal :e-WOM Scale: Word of Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences. Published online in Wiley Interscience (www.interscience.wiley.com

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., Gary Armstrong, 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13.

Jakarta: Erlangga.

Tommi Wijaya, Eristia Lidia Paramita. 2014. Pengaruh e-WOM

terhadap keputusanpembelian kamera DSLR. Seminar Nasional dan Call for Paper (sancall 2014). Research Methods and Organizational Studies.Hlm 12-19.

Thurau-Hennig, Thorsten., Gwinner, Kevin P., Walsh, Gianfranco.,Dwayne D

Journal :Electronic Word of Mouth via Consumer Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet. JOURNAL OF INTERACTIVE MARKETING. Published online in Wiley Periodicals, Inc and Direct Marketing Foundation, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7808

Flag Counter   Â