Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Rissa Puteri Intani, H Aminudin Irfani, Dudung Abdurrahman

Abstract


Penelitian ini  berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap  Kinerja Guru SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandungâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran  kepemimpinan kepala  sekolah, disiplin  kerja, dan  kinerja  guru di SMP Negeri 2 Dayeuhkolot, serta untuk mencari besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Dayeuhkolot dengan mengambil populasi seluruh guru PNS yang berjumlah 50 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analisis dengan menggunakan Analisis Jalur, dan mengorperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 19. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Gambaran kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori Sangat Baik dengan rata-rata skor 179,19 (86,13%); 2) Disiplin kerja berada pada kategori Sangat Baik dengan rata-rata skor 173,25 (82,17%); 3) Kinerja guru berada pada kategori Sangat Baik dengan rata-rata skor 176,16 (84,11%) ; 4) Kepemimpinan kepala sekolah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan besarnya pengaruh 0,946 (94,6 %); 5) Disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja  guru dengan besarnya pengaruh  0,575 (57,5%); 6) kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan besarnya pengaruh 0,959 (95,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terbukti ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru terhadap  di SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

References


Arifin, D dan Arifin, P. 2011. Kearifan Lokal dalam Kepemimpinan. Bandung: Pustaka Al-Kasyaf.

Abdurahman, Maman, Muhidin, Sambas & Somantri, Ating. 2012. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Jenab. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kompetensi Guru serta Implikasinya pada Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. STIE Pasundan.

Malayu dan Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.P. 2005. Evaluasi Kinerja. Bandung: Revika Aditama.

--------- 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Revika Aditama.

--------- 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maryani, E. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMPN 2 Baleendah Kabupaten Bandungâ€. STIE Pasundan.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

--------- 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

--------- 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

---------20011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

--------- 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Robbins. Stephen P. 2001. Organizational Behavior. New Jersey. Pearson Education International.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.

Wahjosumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah;Tinjauan Teoritik dan

Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7758

Flag Counter   Â