Analisis Peramalan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Exponential Smoothing dan Adjusted Exponential Smoothing Produk Coca Cola untuk Meminimumkan Kesalahan Pada PT. Fatarindo Cemerlang Bandung

Annisa Risky Amalia, Muhardi Muhardi, Poppie Sofiah

Abstract


Latar belakang dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan penjualan produk di PT. Fatarindo Cemerlang dengan menggunakan dua metode peramalan yaitu exponential smoothing dan adjusted exponential smoothing. Dimana selain menggunakan pendekatan QM for Wondows, sebagai perbandingan yang hasilnya akan ditentukan mana dari dua metode forecasting tersebut yang layak dipakai sebagai dasar perhitungan selanjutnya berdasarkan pendekatan MAD (Mean Absolute Deviation), MSE (Mean Squared Error) dan MAPE (Mean Absolute Percent Error).


Keywords


Peramalan, Exponential Smoothing, Adjusted Exponential Smoothing

References


Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : LPFE Universitas Indonesia

Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta : Ghalia Indonesia

Heizer, Jay & Barry Render. 2011. Manajemen Operasi. Edisi Sembilan, Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta : Salemba Empat

William J. Stevenson. 2009. Management Operation. UK : Prentice Hall

Singgih, Santoso. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Draft, Richard L. 2006. Management. Jakarta : Salemba Empat

Harjanto, Eddy. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Jakarta : Grasindo

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7502

Flag Counter   Â