Analisis Peramalan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Exponential Smoothing dan Adjusted Exponential Smoothing Produk Coca Cola untuk Meminimumkan Kesalahan Pada PT. Fatarindo Cemerlang Bandung
Abstract
Latar belakang dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan penjualan produk di PT. Fatarindo Cemerlang dengan menggunakan dua metode peramalan yaitu exponential smoothing dan adjusted exponential smoothing. Dimana selain menggunakan pendekatan QM for Wondows, sebagai perbandingan yang hasilnya akan ditentukan mana dari dua metode forecasting tersebut yang layak dipakai sebagai dasar perhitungan selanjutnya berdasarkan pendekatan MAD (Mean Absolute Deviation), MSE (Mean Squared Error) dan MAPE (Mean Absolute Percent Error).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : LPFE Universitas Indonesia
Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta : Ghalia Indonesia
Heizer, Jay & Barry Render. 2011. Manajemen Operasi. Edisi Sembilan, Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta : Salemba Empat
William J. Stevenson. 2009. Management Operation. UK : Prentice Hall
Singgih, Santoso. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Draft, Richard L. 2006. Management. Jakarta : Salemba Empat
Harjanto, Eddy. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Jakarta : Grasindo
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7502
  Â