PENGARUH KUANTITAS PENAWARAN SAHAM, UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM 7 HARI SETELAH IPO STUDI KASUS PERUSAHAAN TERDAFTAR IPO PERIODE 2010-2012

Mufqi Mardika Mubarok, Dikdik Tandika, Nurdin Nurdin

Abstract


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kuantitas Penawaran Saham, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Return Saham 7 (tujuh) hari setelah IPO. Penelitian ini termotivasi dari banyaknya perbedaan pada hasil penelitian sebelumnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, sehingga didapatkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 (dua puluh lima) perusahaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) variabel independen yaitu kuantitas penawaran saham, umur perusahaan dan ukuran perusahaan dan satu variabel dependen yaitu Return Saham 7 (tujuh) hari setelah IPO.

Hasil penelitian secara parsial menemukan pengaruh kuantitas penawaran saham dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap Return Saham 7 (tujuh) hari setelah IPO. Sementara variabel umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham 7 (tujuh) hari setelah IPO. Secara stimultan, kuantitas penawaran saham, umur perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Return Saham 7 (tujuh) hari setelah IPO.

Kata Kunci : Kuantitas Penawaran Saham (KPS), Umur Perusahaan (UP), Ukuran Perusahaan (UP), Return Saham (RS)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.748

Flag Counter   Â