Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja dan Kepemimpinan Spiritual Terhadap Komitmen Organisasional pada Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang Jawa Barat

Asep Kurnia, Sri Suwarsi, Dudung Abdurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Komitmen Organisasional pada Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan Analisis Jalur, dan mengorperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 20 for windows. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel adalah sampling sensus. Responden penelitian ini adalah karyawan Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang Jawa Barat yang berjumlah 75 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Spiritualitas di Tempat Kerja dan Kepemimpinan Spiritual secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Spiritualitas di Tempat Kerja dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Komitmen Organisasional pada KPSBU Lembang Jawa Barat.

Keywords


spiritualitas di tempat kerja, kepemimpinan spiritual, komitmen organisasional

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi ketigabelas. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Ashmos, D.P., dan Duchon, D. 2000. Spirituality at Work a Conceptualization and Measure. Journal of Management Inquiry. vol 2. pp. 134–145.

Fry, L.W. 2003. Toward a Theory of Spiritual Leadership.The Leadership Quarterly, 14, 693–727.

Husein Umar, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis,Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Indriantoro, Supomo, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Milliman, J.F., Czaplewski, A.J., Ferguson, J. 2003. Workplace Spirituality and Employee Work Attitude An Exploratory Empirical Assessment. Journal of Organizational Change Management. Vol. 16 No. 4.

Rego, A., and Cunha, E., Miguel, P. 2008. Workplace Spirituality And Organizational Commitment: An Empirical Study. Journal of Organizational Change Management, Vol. 21, No. 1, pp. 53–75.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi Edisi Kesepuluh. Indeks. Jakarta

Rochaety E, dkk. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi SPSS, Edisi Pertama. Penerbit Mitra Wacana Media : Jakarta.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2013. Research Methods for Business. United Kingdom: Jhon Wiley & Sons Ltd.

Singarimbun, Masri, dan Effendi, Sofyan, 1995, Metode Penelitian Survey, Edisi Revisi. Jakarta, Pustaka LP3ES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

Tobroni, 2010. Spiritual Leadership, The Problem Solver Krisis Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7275

Flag Counter   Â