Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial dan Komite Audit Independen terhadap Kondisi Financial Distress (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

Terisa Ghaisani, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial Dan Komite Audit Independen Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 67 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan taraf signifikansi sebesar 10%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial struktur kepemilikan manajerial berpengaruh  terhadap  financial distress dan komite audit independen tidak berpengaruh terhadap financial distress. Sedangkan secara bersama-sama(simultan) kedua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress.


Keywords


Struktur Kepemilikan Manajerial, Komite Audit Independen dan Financial Distress

References


Kumala, R.E. 2014. Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba(Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012), Skripsi. Fakultas Ekonomi, Program Sarjana Ilmu Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.

Puspita, Ira. 2016. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Arus Kas, Dan Nilai Kurs (USD/IDR) Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Program Sarjana Manajemen Universitas Pasundan. Bandung

Pujiati, 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Priode 2008-2013). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Program Sarjana Akuntansi Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Rahmawati.2012. Teori Akuntansi Keuangan. Edisi1. Yogyakarta :Graha Ilmu

Utami, E.U. 2016. Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Arus Kas Terhadap Financial Distress(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014), Skripsi. Fakultas Ekonomi, Program Sarjana Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Semarang.

Yushita dan Triatmoko. (2013) â€Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Auditor Eksternal, Dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba".Jurnal Economia, Vol.9, No.2, Oktober 2013,Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Hal : 141-155.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7080

Flag Counter   Â