Pengaruh Brand Trust terhadap Loyalitas Konsumen Dipresso Coffee Shop Bandung

Risda Yudha Yunanto, Ratih Tresnati, Dede R Oktini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Brand Trust pada Dipresso Coffee Shop, bagaimana tanggapan responden tentang pelaksanaan Brand Trust pada Dipresso Coffee Shop, bagaimana loyalitas pelanggan Dipresso Coffee Shop dan bagaimana pengaruh Brand Trust terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif.     Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Dipresso Coffee Shop. Sampel yang diambil adalah konsumen Dipresso Coffee Shop dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Brand Trust terhadap loyalitas pelanggan Dipresso Coffee Shop dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar 0,626 (R = 0,626), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 39,2% %. Artinya terdapat pengaruh antara Brand Trust terhadap loyalitas pelanggan.


Keywords


Brand Trust, loyalitas pelanggan

References


Basu Swastha dan Irawan. (2003). “Manajemen Pemasaran Modernâ€. (Edisi kedua). cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset

Bastian, Alexander, Danny. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia : Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, Edisi 13, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2004. Dasar-dasar pemasaran, terjemahan Alexander Sindoro, Edisi 9, Jilid 1, Indeks. Jakarta.

Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999. Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand loyalty, Journal of Market Focused management.

Menurut Kotler, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli (2000:57)

Shandi, Agil Putra. 2011. Analisis Dimensi Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pengguna Kartu Indosat IM3 di Kota Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Tresnati, Ratih dan Kusumah, AS “Pengaruh Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Instagram Faithfootball : Universitas Islam Bandung

Rizan Mohammad, Basrah Saidani, Yusiyana Sari “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosroâ€Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012

Shihab, Muchsin Saggaff dan Ananto Sukendar. Pengaruh Brand Trust dan Brand Equity terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus Produk Tes Widal Merek Remel). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan (2009) Tahun VI No.2.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Sari, Meitha Yusvita. 2015. Pengaruh Kelompok Referensi,Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Aplikasi Pesan Instan (Studi pada Pengguna Aplikasi Pesan Instan LINE di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6912

Flag Counter   Â