Pengaruh Green Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pelanggan Toko Organic Bandung)

Raden Firman Rahadian, Ratih Tresnati, Septiana A. Estri Mahani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Toko Organic Bandung dalam merancang green brand image, untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen tentang green brand image di Toko Organic Bandung, bagaimana tanggapan konsumen tentang keputusan pembelian di Toko Organic Bandung, dan seberapa besar pengaruh green brand image terhadap keputusan pembelian di Toko Organic Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei. Sedangkan jenis penelitian ini adalah verifikatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara green brand image terhadap keputusan pembelian di Toko Organic Bandung dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar 0.609 (R = 0.609), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 37,1%. Artinya terdapat pengaruh antara green brand image terhadap keputusan pembelian.

Keywords


green brand image, keputusan pembelian, Toko Organic Bandung.

References


Aaker, D.A. 2007. Strategic Market Management. New York: Jhon Wiley & Sons

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2012). "Product-Class Effect on Brand Commitment and Brand Outcomes: The Role of Brand Trust and Brand Affect". Journal of Brand Management, Vol.10, No.1, pp.33-58.

Chen, Yu-San. (2009). “The Drivers of Green Brand Equity: Green brand image, Green Satisfaction, and Green Trustâ€. Journal of Business Ethics (Volume 93 No 2).

Dahlstrom,R. 2011. Green Marketing Management. Cengage Learning. USA: South-Western.

D'Souza,C., Taghian, M., Lamb,P., and Peretiatkos,R. (2006). Green Products and Corporate Strategy An Empirical Investigation. Society and BUsiness Review.

Hartmann, P. Ibanez, VA. Sainz FJF. 2005. Green branding effects on attitude: functional versus emotional positioning strategies. Market Intell Plann. 23(1): 9–29

Keller, L.L. (1993). Conceptualising, measuring and managing customer based brand equity. Journal of Marketing.

Keputusan Presiden No. 99/1998. Tentang: Bidang/Jenis Usaha Yang Dicadangkan Untuk Usaha Kecil Dan Bidang/Jenis Usaha Yang Terbuka Untuk Usaha Menengah Atau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Marketing Management 14th edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Gary Armstrong, 2010, Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa oleh Bob Sabran, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lamb, C.W., J.F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran. Terjemahan oleh David Octarevia. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Mourad, Maha da Yasser Ahmed. 2012. Perception of green brand in an emerging innovative market. Emerald Insight

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : PT Laksbarg Press.

Tresnati, Ratih, dkk. 2016. The Influence of Store Athmosphere on Purchase Decision (Survey to Consumers Pasteur Sandang Factory Outlet). Universitas Islam Bandung.

Saleem, M. A., Khan, M. A., & Alam, S. (2015) Antecedents of Green Purchase Intentions: Evidence from Customers of Electronics Products from Multan District.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Tresnati, Ratih, dkk. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta : MitraWacana Media.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Tresnati, Ratih, dkk. 2015. Pengaruh Private Label Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Alfamart Katamso Bandung). FEB Universitas Islam Badung.

Tresnati, Ratih, dkk. 2016. Pengaruh Kepribadian Merek (Brand Personality) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mobil Geely (Survei Pada Komunitas Geely Di Jawa Barat). Universitas Islam Bandung.

Chen, Y-S. (2013) Towards green trust: The Influences of Green Perceived Quality, Green Perceived Risk, and Green Satisfaction. Journal of Management Decision, 51 (1),(63-82).

Chen, Y-S., Lin, C-Y., & Weng, C-S. (2015) The Influences of Environmental Friendliness on Green Trust: The Mediation Effects of Green Satisfaction and Green Perceived Quality. Journal of open acces sustainability, 7, 10135-10152.

Scherhorn, G. (1993). Consumers’Concern About the Environment and Its Impact on Business. Journal of Consumer Policy. 162.

Suki, N. M. (2013). Green Awareness Effects on Consumers’ Purchasing Decision: Some Insights From Malaysia. IJAPS, Vol 9.No 2.

Pustaka Online :

www.tokoorganic.com

http://jabarekspres.com/2016/toko-organic-Bandung-edukasi-gaya-hidup-sehat/

https://www.atkearney.com

https://www.aprindo.org

https://www.wikipedia.org




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6832

Flag Counter   Â