Pengaruh Event Marketing terhadap Brand Awareness pada Event #Ngopingalagedays5

Raissa Ramanda, Ratih Tresnati, Nina Maharani

Abstract


Abstract. This research aims to know the execution of Event Marketing at the event organized by #ngopingalagedays5 coffee shop perjoeangan Bandung, how the response of the respondent against the brand awareness perjoeangan coffee shop, and how the influence of event marketing (#ngopingalagedays5) against the brand awareness perjoeangan coffee shop. The research method used was survey methods. The types of research that are implemented are verifikatif. Sampling technique used is a non probability sampling techniques. The population in this research is the consumer's coffee shop perjoeangan bandung with the number of 100 respondents. Data collection techniques used are questionnaire and interview. Methods of data analysis used is a simple linear regression analysis to figure out how big the influence of variable X against Y variable. The results of this research show that the implementation of Event Marketing at the event #ngopingalagedays5 done by the coffee shop perjoeangan enough, the highest average values on the variable X (Event Marketing) are on indicators of profitability and the value of the lowest average on indicators of disturbance events. In general the variable Y (brand awareness) the highest average value on the indicator unware of the brand and the average value of the lowest indicators on top of mind. In conclusion, namely there are significant effects between Event Marketing towards the brand awareness of 56,6%.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Event Marketing pada acara #ngopingalagedays5 yang diselenggarakan oleh kedai kopi perjoeangan Bandung , bagaimana tanggapan responden terhadap brand awareness kedai kopi perjoeangan, dan bagaimana pengaruh event marketing (#ngopingalagedays5) terhadap brand awareness kedai kopi perjoeangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang yang dilaksanakan bersifat verifikatif.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi perjoeangan bandung dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Event Marketing pada acara #ngopingalagedays5 yang dilakukan oleh kedai kopi perjoeangan cukup,nilai rata-rata tertinggi pada variabel X(Event Marketing) berada pada indikator memberikan keuntungan dan nilai rata-rata terendah pada indikator acara terhindar dari gangguan. Secara umum variabel Y (brand awareness) nilai rata-rata tertinggi pada indikator unware of brand dan nilai rata-rata terendah pada indikator top of mind. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Event Marketing terhadap brand awareness sebesar 56,6%.


Keywords


event marketing, brand awareness

References


Any Noor.,(2009), Management Event. Bandung : Alfabeta.

Duncan,Tom. (2005). Principle Of Advertising and IMC. International Edition Edisi Kedua. McGrawHill.New York.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. ManajemenPemasaran. Edisi 12.Jilid 1.Jakarta : PT Indeks.

Seminar: Event Marketing That Sells. 29 Mei 2008

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif fan R & D. Bandung: Alfabeta

Yohana, Patricia. 2012. Pengaruh Event Pameran Franchise National Roadshow di Jakarta Terhadap Brand Awareness Bahana Paramarta. Surabaya: Universitas Bina Nusantara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6389

Flag Counter   Â