PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. BANK VICTORIA SYARIAH CABANG BANDUNG

Bayu Apka Putra

Abstract


ABSTRAK

 

PT. Bank Victoria Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan bank berbasis syariah di Indonesia. Sama hal nya dengan lembaga keuangan bank lain, PT. Bank Victoria Syariah memiliki tujuan untuk menjadi lembaga keuangan bank yang unggul  di Indonesia terutama yang berbasis syariah. Salah satu cara utuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Pengembangan karir adalah salah satu acara untuk meningkatkan kualitas karyawan yang akan berdampak pada tingkat kepuasan kerja karyawan. Penelitian terhadap PT. Bank Victoria Syariah ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengembangan karir yang dilakukan perusahaan terhadap kepuasan kerja karyawannya. Penelitian ini terdiri dari dua variabel,yaitu pengembangan karir sebagai variabel bebas (X) dan kepuasan kerja sebagai variabel terikat (Y). Masalah yang diidentifikasi pada penelitian ini adalah (1) bagaimana pengembangan karir pada PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung, (2) bagaimana kepuasan kerja karyawan PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung, (3) seberapa kuat pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan karir pada PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung, untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung, untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Data yang diperoleh selama penelitian ini dikumpulkan dengan penelitian lapangan (Field Research) dan wawancara.

Berdasarkan hasil pembahasan pengembangan karir dan kepuasan kerja, setelah dilakukan analisis regresi pengembangan karir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan melakukan program pengembangan karir dengan baik di perusahaan.

PT. Bank Victoria Syariah Cabang Bandung telah berperan baik dalam meningkatkan kualitas karyawan yang akan berdampak positif terhadap tujuan perusahaan.


Keywords


Pengembagan Karir; Kepuasan Kerja



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.630

Flag Counter   Â