Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Psikologis terhadap Stres Kerja Karyawan pada CV. Dwi Karya Sejahtera

Intan Sari Karmani, Sri Suwarsi, Dudung Abdurahman

Abstract


Abstract. This study aims analyze the influence of physical dan psychological work environment to stress employess CV. Dwi Karya Sejahtera. The variables used this study are physical dan psychological work environment as independent variable dan job stress as the dependent variable. This study is a descriptive using multiple  regression analysis. Data were collected by using a questionnaire consisting of 29 questions about the variables studied. The number of employees to be sample, the result is 43 people. The result of this study indecate that physcal and psychological work environment siginificantly affect empolyee job stress CV. Dwi Karya Sejahtera since = 61,660 > = 3.23, so  is rejected and  is accepted. The amount of influenced on physical and psychological work environment to employees job stress is 74,3% while the remaining 25,7% is influenced by other factors. 

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan kerja psikologis Dan fisik stres CV CPNS. Dwi Karya Sejahtera. Variabel yang digunakan penelitian ini adalah fisik lingkungan kerja psikologis Dan sebagai variabel independen Dan pekerjaan stres sebagai variabel dependen. penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 29 pertanyaan tentang variabel yang diteliti. Jumlah karyawan untuk menjadi sampel, hasilnya adalah 43 orang. Hasil penelitian indecate ini yang physcal dan lingkungan kerja psikologis cukup nyata mempengaruhi empolyee CV stres kerja. Dwi Karya Sejahtera sejak fcount = 61.660 > ftabel = 3.23, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jumlah dipengaruhi pada lingkungan kerja fisik dan psikologis untuk stres kerja karyawan adalah 74,3% sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Physical work environment, Psychological work environment, Job Stress

References


Nawawi, Hadari, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta:Penerbit Gadjah Mada University Press.

Nitisemito, Alex S. 1992. Manajemen Personalia. Ghaila Indonesia: Jakarta

Nitisemito, Alex S. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 3. Ghaila Indonesia: Jakarta.

Sedermayanti,2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju: Bandung

Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. 2008.Organization Behavior. Jakarta Salemba Empat.

Robbins, Stephen P, 1996. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6239

Flag Counter   Â