Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Sushiden Bandung

Dice Amelia A

Abstract


Abstract. This study attempts to understand the implementation of the Store Athmosphere in Restaurants SushiDen Bandung, how respond about implementing Store Athmosphere in restaurant Sushiden, how consumer purchasing decisions Sushiden Restaurant and Store Athmosphere how much influence on purchasing decisions.The method used is a survey method. This type of research is conducted verification. The sampling technique used was purposive sampling technique. Populasi in this research is that consumers Restaurants SushiDen. Sampel is taken consumers Restaurants Sushiden with 100 responden.Teknik collecting data used is Questionnaire guidelines. Data analysis method used was simple linear regression analysis to determine the direction of the relationship between the dependent and independent variables. These results indicate that the implementation of the Restaurants SushiDen Athmosphere Store entry in sufficient criteria, the highest average value in the variable X (Store Athmosphere) is in indicator lighting in the room and the lowest average value of the indicator variable Y smell common enviroment.in (Purchase decision) the highest average score on this indicator Product Selection and the average value of the lowest in the indicators locations. There significant and positive influence between Store athmosphere on purchasing decisions by 33.2%.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Store Athmosphere pada Restoran SushiDen Bandung, bagaimana tanggapan responden tentang pelaksanaan Store Athmosphere pada Restoran SushiDen, bagaimana keputusan pembelian konsumen Restoran SushiDen dan seberapa besar pengaruh Store Athmosphere terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang gunakan adalah teknik purposive sampling .Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Restoran SushiDen.Sampel yang diambil adalah   konsumen Restoran SushiDen dengan jumlah 100 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman Kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Store Athmosphere pada Restoran SushiDen masuk dalam kriteria cukup, nilai rata-rata tertinggi pada variabel X (Store Athmosphere) berada pada indikator pencahayaan pada ruangan dan nilai rata-rata terendah pada indikator bau lingkungan.Secara umum variabel Y (Keputusan Pembelian) nilai rata-rata tertinggi pada indikator Pilihan Produk dan nilai rata-rata terendah pada indikator lokasi.Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Store Athmosphere terhadap keputusan pembelian sebesar sebesar 33,2 %.


Keywords


Store athmosphere, purchasing decisions

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Berman, B. dan J. R. Evans (2010). Retail Management A Strategic Approach (11th ed.) Uppersaddle River: Pretice Hall International, Inc.

Christina Widya Utami. 2014. Manajemen Ritel, Edisi 2, Salemba Empat. Jakarta.

Hartono Jogiyanto, 2004, Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi 2004-2005, BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13.New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Levy & Weitz 2014. Retail Management, 9th edition. United States Of America: McGraw-Hill International.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6195

Flag Counter   Â