Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Donat Madu Cihanjuang Bandung

Ahmad Zaenudin, Dede R Oktini, Septiana Estri A M

Abstract


Abstract. The main needs in human life that is absolutely must be met. Thus, businesses in various fields currently being tested by the business person. One of the noteworthy effort is the creation of an atmosphere of creativity with a shop or store atmosphere nicknamed. When someone decides to buy something, there are many factors that can encourage and into consideration consumers ' purchase decision making in the conduct of a product among other things from the consumer behavior itself, the current consumer behavior in purchasing a product or service is good stuff is always more fickle and follow a growing trend. Therefore, researchers conducted a study with the formulation of the problem: “how the influence of Store Atmosphere against the purchasing decisions of consumers in Donat Madu Cihanjuang Bandungâ€. Researchers use quantitative research methods. The selected population in this research is the donut shop visitors Donat Madu Cihanjuang Bandung. With the techniques of sampling the sampling technique, namely aksidental. With the amount of research samples as many as 60 people. Data collection techniques used in this study is a questionnaire, interview, observation, and study of the literature. The research results showed that there were significant effects against atmospheric store anata purchasing decisions of consumers in Donat Madu Cihanjuang Bandung. And the magnitude of the influence of store atmosphere against the purchasing decisions of consumers in Donat Madu Cihanjuang Bandung is 74.3% and 25.7% of the rest are influenced by other factors not examined in this study.


Abstrak. Kebutuhan yang utama dalam kehidupan manusia yang mutlak harus dipenuhi. Maka, bisnis di berbagai bidang saat ini banyak dicoba oleh para pelaku bisnis. Salah satu yang patut diperhatikan dalam usaha adalah dengan kreatifitas penciptaan suasana toko atau disebut juga dengan store atmosphere. Saat seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu, ada banyak faktor yang dapat mendorong dan menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian suatu produk antara lain dari perilaku konsumen itu sendiri, saat ini perilaku konsumen dalam membeliproduk baik jasa ataupun barang selalu berubah-ubah dan lebih mengikuti tren yang berkembang. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan rumusan masalah: “Bagaimana Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Donat Madu Cihanjuang Bandungâ€. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah pengunjung toko Donat Madu Cihanjuang Bandung. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling aksidental. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan anata store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Donat Madu Cihanjuang Bandung. Dan besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Donat Madu Cihanjuang Bandung adalah sebesar 74,3% dan sisanya sebesar 25,7% dipengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 



Keywords


store atmosphere, purchasing decisions

References


Dessyara, Cindy. (2013). Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart 2 Manado. Universitas Sam Ratulangi

Hendri, Ma’ruf. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Helga Drumond. 2003. Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Levy, M ichael & Weitz, Barton A., 2007. Retailing Management. New York, America: McGraw-Hill/Irwin.

J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. edisi pertama, Yogyakarta: penerbit Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5971

Flag Counter   Â