Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Randy Wibawa, Ratih Tresnati, Dede R. Oktini

Abstract


Abstract. This study attempts to understand the implementation of the Store Athmosphere in Distro Random Apparel Bandung, do respondents on the implementation of the Product Design in Distro Random Apparel Bandung, how the decision the purchase of consumers Distro Random Apparel Bandung and how influence product design of the decision the purchase.Research methodology that is used is a method of surveying .The kind of research carried out are verifikatif. Engineering the sample use is a technique non probability sampling .The population in this research was consumers Distro Random Apparel Bandung. Samples to be taken is consumers Distro Random Apparel Bandung by the number of 100 respondent . Data collection techniques used are a guide the questionnaire .The method of analysis the data used was simple linear regression analysis to know the direction of the relation between variable independent and dependent variable.The result of this research showed that there is significant influence between product design to consumer purchase decision on Distro Random. 54,1% purchase decision variable influenced by product design variable, while the remaining 45,9% was influenced by the other factors that was not examined in this study such as promotion, product quality and price.


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Desain Produkpada Distro Random Apparel Bandung, bagaimana tanggapan responden tentang pelaksanaan Desain Produkpada Distro Random Apparel Bandung, bagaimana keputusan pembelian konsumen Distro Random Apparel Bandung dan bagaimana pengaruh Desain Produk terhadap keputusan pembelian.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang gunakan adalah teknik non probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Distro Random Apparel Bandung. Sampel yang diambil adalah   konsumen Distro Random Apparel Bandung dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman Kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Distro Random Apparel Bandung. Sebesar 54,1% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel desain produk, sedangkan sisanya 45,9 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti promosi, kualitas produk dan harga.



Keywords


desain produk; keputusan pembelian; distro

References


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Fourteenth Global Edition. 14 Edition. Pearson

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Vol 1-2. Jakarta: Lembaga penerbit fakultas ekonomi UI

Suharno dan Sutarso, Yudi. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5384

Flag Counter   Â