Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Penerbangan Lion Air (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Bandung)

Zamzam Septi Mauludin, Ratih Tresnati, Dede R. Oktini

Abstract


Abstract. The objective of this research is to determine how the company’s efforts in building the brand image, how consumer response regrading the brand image, costumer loyalty dan how much influence the brand image on costumer loyalty. This type of research is verification. The sample of this research is 100 Lion Air Airline costumers, collected using non-probability sampling and Incidential technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with simple linear regression. The result of this reaserch indicate that brand image give effect on customer loyalty to 60,2 %, and the residual equal to 39,8 % effected by some other factor. This analysis indicate that brand image have an effect on customer loyalty. 


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan dalam membangun citra merek, bagaimana tanggapan konsumen mengenai citra merek Lion Air, bagaimana loyalitas konsumen Lion Air dan seberapa besar pengaruh citra merek Lion Air terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verivikatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen maskapai penerbangan Lion Air di Kota Bandung dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik insidential. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 60,2 % dan sisanya 39,8 % dipengaruhi faktor lain. Hasil analisis menunjukan citra merek memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


Brand image, customer loyalty

References


Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Costomer Satisfaction. Jakatra : Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Bilson. 2004. Pandunan Riset Prilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5374

Flag Counter   Â