Pengaruh Tata Letak Toko terhadap Loyalitas Konsumen pada Daiso Japan Paris Van Java Bandung

Sakinah Kemala Putri

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to find out how the Daiso Japan store in Paris Van Java Bandung done the implementation of store layout, to find out the response of respondent towards the layout of store, and to find out costumer loyalty, also how much the influence of the store layout to costumer loyalty. These types of research are conducted verification using the non-probability sampling data collection technique by using a sample of 100 consumer respondents of Daiso Japan store in Paris van Java Bandung. The data of analysis used to test the hypothesis is regression analysis. These results of this research indicate that the implementation of the layout in Daiso Japan store in Paris Van Java Bandung  is quite strong, means that the store layout has a positive significant influence to costumer loyalty.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh toko Daiso Japan PVJ Bandung dalam pelaksaan tata letak toko, mengetahui tanggapan responden terhadap tata letak toko, mengetahui bagaimana loyalitas konsumen dan seberapa besar pengaruh tata letak toko terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini bersifat verifikatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data Nonprobability Sampling dengan menggunakan 100 sampel responden konsumen toko Daiso Japan Paris Van Java di Kota Bandung. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan tata letak toko yang dilakukan oleh toko Daiso Japan PVJ tergolong cukup kuat, artinya tata letak toko berpengaruh signifikan terhadap loyalita konsumen.


Keywords


store layout, costumer loyalty

References


Adji, Pricilia & Subagio, Hartono, Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya.Surabaya. Jurusan Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra

Anshor,Shohibul. 2013.Pengaruh Store Atmosphere terhadap Loyalitas Konsumen di Toserba X Pahlawan No.10-15 Bandung. Bandung : Universitas Widyatama.

Arvinci,Deswitha.2012.Pengaruh Store Layout terhadap Minat Beli Studi pada Toko Sepatu Payless di Margocity. Jakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Indonesia.

Ditriami,Luh Nisa.dkk.2014. Pengaruh Tata Ruang Toko dan Minat Beli Konsumen Terhadap Pembelian Produk Pada Buktik IO/CO:Universitas Pendidikan Ganesha.

Irawati, Ciendra & Subagio, Hartono.2014. Pengaruh Retail Mix terhadap Loyalitas Konsumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Interverning di Giordano Ciputra World Surabaya. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Jatmiko, Rohmat Dwi & Andharini,Sri Nastiti. 2012. Analisis Experential Marketing dan Loyalitas Pelanggan Jasa Wisata (Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Kotler Phillip. 2000. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia.

Kotler, Phillip & Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management (13th Ed.). New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Kusherawati, Indah. 2014. Pengaruh Store Layout dan Interior Dispalys Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus KFC Bandung).Fakultas Ekonomi dan Bisnis:Universitas Telkom.

Levy & Weits.2001. Retailing Management. New York : MC Graw

Levy,Michael & Weits, Barton A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New Jersey: McGraw-Hill Irwin.

Levy, Weitz, and Grewal. 2014. Retailing Management, Edisi 9. USA: McGraw-Hill International Edition

Ma’ruf ,Hendri (2006). Pemasaran penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Noviyanti, Destri.dkk. 2012. Pengaruh Layout Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Centermart Bengkalis).Administrasi Bisnis: Politeknik Negeri Bengkalis.

Sugioyo. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung:Alfabeta.

Tlapana,Tshepo Peter. 2009. Store Layout and Its Impact on Costumer Purchasing Behaviour at Convenience Store in Kwa Mashu.Durban: Durbar University of Technology

Utami, Christina Widhya.2010. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia Edisi 2.Jakarta. Salemba Empat

Wibowo, Bangun Adi.2015. Pengaruh Suasana Toko, Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Di Planet Distro Kota Banjarnegara.Banjaran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wicaksana, Dean Vicky.2007.Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Centro Kuta-Bali.Denpasar.Fakultas Ekonomi:Universitas Udayana

Elektronik

Daiso.web.id

Daisoglobal.com

http://thesis.binus.ac.id/Asli/Bab2/2011-1-00531-mn%202.pdf

http://ekbis.sindonews.com/read/1044539/34/penyebab-industri-ritel-kurang-berkembang-di-daerah-1442225654 (10.59, 5/2/16)

http://ekbis.sindonews.com/read/1007773/34/pertumbuhan-ritel-indonesia-peringkat-12-dunia-1433163799 (5/2/16, 11.00)

nasional.sindonews.com/read/1003572/149/Indonesia-digempur-merek-asing-1432178483 (18/2/16,05.03)

kutadata.co.id/berita/2015/02/23/empat-retail-asing-siap-masuk indonesia#sthash.bahjlECs.RxRv3Kl.dpbs (18/2/16 05.05)

http://www.minimarketrak.com/blog/potensi-bisnis-minimarket (5/2/16, 11.01)

tribunnews.com/bisnis/2012/07/15/perusahaan-retail-jepang-aeon-bakal-masuk-indonesia (18/2/16, 05.10)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5254

Flag Counter   Â