Analisis Desain Produk Menurut Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Deskriptif Kuantitatif

Saripah Nuraeni

Abstract


Abstract. This study aims to determine the design of decorative ceramic products according to consumer perceptions on a CV. Mega Rizki Plered Purwakarta. Data analysis method used is quantitative descriptive statistical methods. The population of this research has an unlimited number using stratified random sampling technique is random sampling as many as 97 people. The results showed that the design of decorative ceramic products on the CV. Mega Rizki Plered Purwakarta overall perceived by the respondents have a good product design. This is indicated by the average value obtained in both categories, with a midpoint value and the value of the highest frequency of the majority of respondents answered well and the overall respondents are homogeneous, which means all consumers recognize that the quality of product design decorative ceramics CV. Mega Rizki otherwise well. Descriptive analysis was also stated that the design of the products according to consumer perceptions CV. Rizki Mega Ceramics, as a whole is in good criteria, meaning that all consumers recognize that the quality of product design ornamental ceramics good average. It is shown the number of consumers who are interested and feel satisfied when buying products crafts decorative ceramic CV. Mega Rizki Ceramics.


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain produk keramik hias menurut persepsi konsumen pada CV. Mega Rizki Plered Purwakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini mempunyai jumlah yang tidak terbatas dengan menggunakan teknik stratified random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sebanyak 97 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain produk keramik hias pada CV. Mega Rizki Plered Purwakarta secara keseluruhan dipersepsi oleh responden memiliki desain produk yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh dengan kategori baik, dengan nilai titik tengah dan nilai frekuensi tertinggi mayoritas responden menjawab baik dan keseluruhan jawaban responden bersifat homogen yang artinya seluruh konsumen mengakui bahwa kualitas desain produk keramik hias CV. Mega Rizki dinyatakan baik. Hasil analisis deskriptif juga menyatakan bahwa desain produk menurut persepsi konsumen CV. Mega Rizki Keramik, secara keseluruhan berada pada kriteria baik, artinya seluruh konsumen mengakui bahwa kualitas desain produk kerajinan keramik hias tersebut rata-rata baik. Hal ini ditunjukkan banyaknya konsumen yang tertarik dan merasa puas saat membeli produk kerajinan keramik hias CV. Mega Rizki Keramik.


Keywords


Product Design, Consumer Perceptions

References


Assauri, Sofian. 2008. Manajemen Produksi Dan Operasi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ginting, Rosani. 2010. PerancanganProduk. Yogyakarta :GrahaIlmu.

Herjanto, Eddy. 2003. Manajemen Produksi Dan Operasi. Edisi 3. Jakarta : Grasindo.

Kotler and Amstrong. 2001. Principle Of Marketing. 9th Edition. New Jersey : Prentice Hall.

Schiffman, LG and Kanuk, LL. 2007.Consumer Behavior.9th Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall

Sinulingga, Sukaria. 2009. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5215

Flag Counter   Â