Analisis Persediaan Bahan Baku Kentang dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantitiy (EOQ) untuk Meminimumkan Biaya Persediaan Pada CV.Bintang Garut

Bagja Ropiqi Raswandy, Tasya Aspiranti, Poppie Sofiah

Abstract


Abstract. In the future that develops at the moment, each company are required to able to compete in the business world by means of the use of market and source the profit maximum and spend money which is minimum.The purpose of this research is to determine the merchandise inventory control system at CV. Bintang in GarutAnd how control supplies by cv.bintanggarut use EOQ, ROP, and SafetlyStock. In this research, using a qualitative research approach, by direct observation, interviews and collecting data inventory. The purpose is to create a systematic and accurate description of the merchandise inventory control system at CV. Bintang in Garut. The order procedure, revenues and expenditures of inventory at CV. Bintang in Garut is passably. But the company has not implemented the calculation of the EOQ, ROP and Safety Stock   in the management and control of inventory. From the results of this study concluded that the company should apply the calculation of EOQ, ROP and Safety Stock in the management and control of inventory to avoid shortage of stock (Stock Out) and excess or cumulation of stock merchandise.

 

Abstrak. Di era globalisasi yang berkembang pada saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dalam dunia bisnis dengan cara penggunaan pasar dan mendapatkan laba yang maksimum dan mengeluarkan biaya yang minimum. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian persediaan barang dagang pada CV. Bintang di Garut dan bagaimana pengendalian perusahaan CV.Bintang Garut menggunakan EOQ, ROP, dan Safetly Stock. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan observasi langsung, melakukan wawancara dan mengumpulkan data berupa dokumen yang berkaitan dengan persediaan. Tujuannya ialah untuk membuat gambaran secara sistematis dan akurat mengenai sistem pengendalian persediaan barang dagang pada CV. Bintang di Garut. Prosedur pemesanan, penerimaan dan pengeluaran persediaan barang dagang pada CV. Bintang di Garut sudah memadai. Namun pada perusahaan belum menerapkan perhitungan EOQ, ROP dan Safety Stock dalam pengelolaan dan pengendalian persediaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan sebaiknya menerapkan perhitungan EOQ, ROP dan Safety Stock dalam pengelolaan dan pengendalian persediaan untuk menghindari adanya kekurangan stok (Stock Out) maupun kelebihan atau penumpukan stok barang dagang.


Keywords


Economic Order Quantity (EOQ), SafetyStock, Reorder Point (ROP)

References


Assauri, Sofyan. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Jakarta

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi, Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bambang, Riyanto. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, Yogyakarta: BPFE

Handoko, Hani. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi Edisi 1, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi 9 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat

Indriyo Gitosudarmo dan Basri. 2002. Manajemen Keuangan, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

LPFE-UI,

Martin dan Pretty. 1996. Manajemen Persediaan..

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka

Robbins, S. P. dan Coulter, M. 2007. Manajemen Edisi Delapan. diterjemahkan oleh: Harry Slamet; Jakarta: PT Indeks.

Suyadi Prawirosentono. 2001. Manajemen Operasi, Edisi Ketiga, PT. Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5214

Flag Counter   Â